Berkas Dugaan Korupsi Dana Desa Memasuki Tahap Pertama

Lahat, Sumsel, jurnalsumatra.com – Tindaklanjut dugaan korupsi dana desa, Desa Sungai Laru, Kecamatan Kikim Barat, Kabupaten Lahat, yang berujung dapat menarik oknum Kepala Desa (Kades) yang berinisial S, kini sudah memasuki tahap I di Kejari Lahat.

“Benar, saat ini berkas dugaan korupsi dana desa Desa Sungai Laru, sudah memasuki Tahap I. Berkas tersebut penyerahan dari Tim Jaksa Penyidik Pidana Khusus, kepada Tim Jaksa Penuntut Umum,” ungkap Kejari Lahat Helmi SH MH melalui Kasi Pidsus Rifqi SH MH, Rabu (21/2), kemarin.

Dijelaskan Rifqi, namun untuk saat ini berkas tersebut sedang diperiksa kelengkapannya, formil dan materil oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU). “Akan tetapi dalam pemeriksaan ini Tim JPU juga membutuhkan waktu. Namun, apabila selesai maka berkas akan segera ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Menurutnya, usai pemeriksaan tahap I, maka akan berlanjut pemeriksaan untuk tahap II, dengan penyerahan tersangka (TSK) beserta barang bukti (BB) berdasarkan hasil audit. Akibat kasus ini Negara dirugikan mencapai Rp 183.553.185.

“Nah, saat diserahkan nanti dan dinyatakan lengkap maka akan meningkat menjadi P21. Selanjutnya, tahap II penyerahan tersangka berikut barang bukti, untuk disidangkan di Tipikor Palembang dari hasil audit yang telah merugikan Negara ratusan juta itu,” pungkasnya. (Din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 15 =