BI Bawa Wartawan Tinjau Museum Bank Indonesia

Palembang, jurnalsumatra.com – Bank Indonesia (BI) tidak saja memberikan wawasan dalam materinya saja, tetapi juga mengajak Wartawan Ekonomi Bisnis Sumatera Selatan (Webs) Kota Palembang secara langsung melihat sejarah dari dekat awal peredaran uang di Indonesia dengan mengujungi Musium Bank Indonesia yang berada di lokasi Kota Tua Jakarta.

Hal ini di ungkapkan Sunarso selaku kepala rombongan kepada media yang ikut serta dalam perjalanan ke Jakarta “Tujuan kami mengajak wartawan ke Museum Bank Indonesia ini, untuk mengenalkan, apa Bank Indonesia, apa peran dan fungsi dari Bank Indonesia dengan harapan, kalau nanti menulis berita teman-teman bisa menyampaikan dengan benar dan akan lebih efektif apa yang kami terapkan” ungkapnya usai berkeliling melihat semua yang ada di dalam Museum Bank Idnonesia.

Lebih lanjut dikatakan Sunarso, pelatihan ini tidak semata-mata hanya kita bersilaturahim, tetapi kita belajar mengenal lebih dalam dan lebih luas lagi apa sebenarnya Bank Indonesia. Karena Bank Indonesia ini sebagai Lembaga Negara jadi harus dibedakan Bank Indonesia dengan Bank Konvensional lainnya.

Menurutnya, Bank Indonesia sebagai Lembaga Negara juga Bank Sentral yang fungsinya berjejak dengan Bank-bank komersil dan mempunyai tugas utamanya adalah menjaga kesetabilan Rupiah, yang kaitannya dengan Kurs, untuk menjaga itu dengan kebijakan-kebijakan yang diambil dari Moneter dan Pembayarannya yang semuanya itu harus diketahui oleh teman-teman wartawan yang biasa menulis berita ekonomi, merupakan partner strategis dari Bank Indonesia, yang memberi dan komunikasikan kepada masyarakat.

“Jadi semuanya itu harus dipahami secara menyeluruh dan secara utuh, agar apa yang disampaikan kepada masyarakat benar. Karena itulah kita mengujungi Museum ini, untuk mengetahui sejarah Bank Indonesia dari zaman kemerdekaan sampai dengan sekarang ini, dari mata uang dan system kerjanya dahulu hingga saat ini, yang semua tersaji didalam Museum Bank Indonesia” pungkasnya. (edchan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + three =