BI Beri Beasiswa Kepada 50 Mahasiswa IAIN

    Palu, jurnalsumatra.com – Bank Indonesia (BI) memberikan bantuan beasiswa kepada 50 mahasiswa strata satu Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah Miyono mengemukakan beasiswa itu merupakan tindak lanjut dari program sosial Bank Indonesia secara nasional dengan tema Indonesia cerdas.
“Jadi kami di seluruh Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di seluruh Tanah Air. Kami diberi amanah untuk memberikan, menyampaikan beasiswa kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri,” ungkap Miyono saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi beasiswa Bank Indonesia tahun 2018, di IAIN Palu, Selasa.
Bank Indonesia mengalokasikan anggaran senilai Rp1,220 miliar untuk beasiswa mahasiswa di dua perguruan tinggi di Kota Palu yaitu IAIN Palu dan Universitas Tadulako.
Setiap mahasiswa menerima bantuan biaya pendidikan Rp12 juta yang diterima setiap bulan dengan nilai Rp1 juta dari Bank Indonesia.
Pencairan bantuan biaya pendidikan pada Maret dan Oktober 2018.
Miyono mengaku program sosial Bank Indonesia dalam bentuk beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi negeri.

    Karena itu BI, kata dia, belum memberikan  beasiswa  pendidikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi swasta.
Terkait hal itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf Pettalongi MPd memandang konsep Bank Indonesia dalam merealisasikan Indonesia cerdas lewat bantuan sosial biaya pendidikan, sejalan dengan konsep pemerataan pendidikan untuk masyarakat Indonesia disetiap daerah.
“Ini merupakan upaya pemberian akses pendidikan kepada masyarakat yaitu, membantu meringankan beban pembiayaan pendidikan masyarakat,” ungkap Prof Dr Saggaf Pettalongi MPd.
Menurut Saggaf, bantuan biaya pendidikan memberikan manfaat yang besar kepada masyrakat utamanya mahasiswa IAIN penerima bantuan biaya pendidikan tersebut.
Beasiswa, katanya, dapat membantu mengurangi sebahagian pembiayaan dalam menempuh studi ditingkat perguruan tinggi khususnya IAIN.
“IAIN mestinya berterima kasih dan bersyukur, bantuan yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada IAIN, sama jumlahnya dengan bantuan yang diberikan BI kepada Universitas Tadulako,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply