BI Sumbang Sumur Bor SD Pelosok Simalungun

    Simalungun, Sumut, jurnalsumatra.com – Bank sentral RI melalui program sosial BI membangun satu unit sumur bor di komplek sekolah dasar dipelosok wilayah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Sumbangan fasilitas air bersih itu diserahterimakan dari Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Manajemen Internal (SPMI) Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar, Sumatera Utara, Sugeng Siswanto kepada Kepala SD Negeri 091530 Bosar Galugur, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Tiodor Manurung, Jumat.
Sugeng mengatakan, program itu bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI bertema “Sepercik Air Sejuta Masa Depan” yang dilaksanakan secara serentak di seluruh kantor perwakilan BI.

     Pemberian bantuan fasilitas air bersih berupa sumur bor yang nilainya mencapai Rp27 juta itu kepada sekolah dasar penerima, telah melalui tahapan seleksi dan survei supaya sumbangan tepat sasaran.
Tiodor menyampaikan apresiasi atas kepedulian BI dengan membangun sumur bor di sekolah dasar yang dipimpinnya, karena sejak berdiri tahun 1958, sekolah belum memiliki sarana air bersih.
“Sumur bor ini sangat kami butuhkan, selama ini untuk buang hajat besar dan kecil, para siswa dan siswi harus ke “bondar” (saluran irigasi) berjarak ratusan meter dari sekolah,” kata Tiodor.
Frans Daniel Situmeang (10), siswa kelas 5, mengaku, ke perladangan penduduk yang berbatasan dengan sekolah untuk buang air kecil dan ke aliran irigasi jika buang air besar.(anjas)

Leave a Reply