Biak Jamin Bahan Pokok Cukup Hadapi Lebaran

    Biak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menjamin ketersediaan bahan pokok strategis mencukupi untuk kebutuhan warga setempat yang akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Biak Yubelius Usior di Biak, Sabtu, mengatakan dari hasil laporan rapat koordinasi ketahanan pangan dengan berbagai instansi terkait disebutkan ketersediaan bahan pokok untuk wilayah Biak dipastikan aman hingga tiga bulan kedepan.
“Warga Biak Numfor tidak perlu panik dengan stok kebutuhan bahan pokok memasuki lebaran karena sudah terpenuhi,” tegas Kadisperindag Yubelius Usior menanggapi ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Biak Numfor.
Ia mengharapkan mitra pemasok bahan pokok untuk ikut membantu pemerintah dalam menjamin kebutuhan lebaran sehingga dapat memperlancar warga Biak dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Kadisperindag Yubelius Usior mengakui untuk mencegah adanya aksi penimbunan kebutuhan pokok dalam rangka mengeruk keuntungan karena permintaan meningkat pada jenis komoditi tertentu.
Diantara bahan pokok yang mulai meningkat menjelang lebaran, menurut Yubelius, seperti kebutuhan tepung terigu, minyak goreng, gula pasir, beras serta berbagai bahan pokok strategis lainnya perlu dilakukan pengawasan di lapangan.
“Untuk melakukan monitoring peredaran bahan pokok di pasaran Disperindag akan berkoordinasi kerja dengan Satgas Pangan Polres Biak guna memantau aktivitas peredaran berbagai kebutuhan pokok strategis menyambut lebaran,” ungkap Yubelius Usior.
Melalui peningkatan pengawasan distribusi bahan pokok dilapangan dilakukan Disperindag, menurut Yubelius, untuk mencegah adanya praktik penimbunan dilakukan distributor ‘nakal’ dalam rangka mengeruk keuntungan pribadi di saat kebutuhan mulai meningkat.
Hingga Sabtu pukul 08.00 WIT aktivitas penjualan berbagai jenis bahan pokok di pasar Darfuar dan pasar Inpres Biak mulai terjadi peningkatan terutama pada jenis bahan pokok tepung terigu, gula pasir, minyak goreng serta aneka bahan campuran pembuat kue.(anjas)

Leave a Reply