Biak Terapkan Layanan Perikanan Berbasis KTP-E

     Biak, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, melalui Dinas Perikanan menerapkan pelayanan bidang perikanan berbasis data kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) dengan  mencantumkan kolom pekerjaan nelayan di kartu keluarga.
“Tahun 2018 program layanan bidang perikanan terintegrasi dengan program KTP-e, ya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil,” kata Kepala Dinas Perikanan Biak Effendi Igirisa dihubungi di Biak, Selasa.
Ia mengatakan dengan dicantumkanya pekerjaan nelayan pada kartu keluarga akan mempermudah pendataan keluarga nelayan di Kabupaten Biak Numfor karena dapat langsung diketahui jumahnya secara pasti.
Effendi pencantuman pekerjaan nelayan di kartu keluarga juga akan mempermudah pengawasan dan penyaluran bantuan perikanan kepada nelayan.

     “Jumlah keluarga nelayan di Kabupaten Biak Numfor mencapai 5.000-an keluarga yang tersebar di belasan distrik dan seratusan kampung,” kata Effendi.
Dengan layanan berbasis KTP-e, lanjut Effendi, Dinas Perikanan juga akan mendapatkan data konkret untuk program asuransi nelayan di tahun 2018.
Effendi berharap hasil koordinasi Dinas Perikanan dan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil dapat direaliasikan pada tahun anggaran 2018 sehingga semua data nelayan Biak terkoneksi dalam data KTP-e.
Berdasarkan data hingga tahun 2017 program layanan bantuan prasarana perikanan masih berlangsung untuk kegiatan pembagian cool box, freezer, motor laut, dan sarana tangkap lainnya untuk menunjang program sentra perikanan terpadu di wilayah timur Indonesia.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 8 =