Biofarma Akan Buat Antidifteri Serum Lebih Murah

Bandung, jurnalsumatra.com – Perusahaan produsen vaksin PT Bio Farma (Persero) akan membuat antidifteri serum (ADS) yang diproduksi di dalam negeri dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada saat ini.
Direktur Utama Bio Farma Juliman di kantor Bio Farma Bandung, Sabtu, mengatakan harga serum yang diproduksi Bio Farma akan seperlima lebih murah.
Juliman menjelaskan harga serum Bio Farma bisa jauh lebih terjangkau karena dengan memproduksi seluruhnya di dalam negeri dibandingkan membayar produk impor dari luar negeri.

Sebagai gambaran, katanya, harga satu dosis ADS berkisar antara Rp2 juta hingga Rp2,5 juta. Dalam penanganan pasien difteri diperlukan bisa sampai delapan kali penggunaan serum.
Sehingga perkiraan biaya penggunaan ADS untuk satu pasien bisa mencapai Rp20 juta. Juliman memastikan, biaya penggunaan ADS hasil produksi Bio Farma bisa seperlima jauh lebih murah dari kisaran tersebut.
“Sebenarnya ADS dulu kami bisa buat, tapi dengan impor barang setengah jadi. Karena pabrik pemasoknya tutup, kami sekarang impor dari India beli jadi,” ujar dia.
Bio Farma rencananya akan meluncurkan produk ADS sendiri  pada September atau Oktober 2018.
Produk ADS yang nantinya akan dibuat Bio Farma diproduksi mulai dari pembuatan bahan baku sejak awal hingga berbentuk serum yang siap digunakan. Kapasitas produksi untuk ADS tersebut bisa mencapai 15.000 vial.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 8 =