BKKBN NTB Gelar Pemilihan Duta Genre 2018

     Mataram, jurnalsumatra.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Perwakilan Nusa Tenggara Barat menggelar pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) 2018 yang menjadi mitra dalam menyosialisasikan informasi tentang program Keluarga Berencana dan kesehatan reproduksi remaja.
“Pemilihan Duta Genre bertujuan untuk mencari para remaja terbaik yang akan menjadi mitra BKKBN dalam meningkatkan sosialisasi di kalangan remaja,” kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) NTB Lalu Makripuddin pada malam penganugerahan “Ayah Bunda” dan Duta Genre Generasi Emas NTB 2025 di Mataram, Senin.
Sebanyak 20 pasangan finalis dari 10 kabupaten/kota di NTB, bersaing dalam pemilihan tersebut. Mereka merupakan hasil seleksi dari 137 peserta. Para dewan juri akan memilih satu pasangan peserta terbaik yang akan mewakili NTB ke tingkat nasional.
Sekretaris Daerah NTB H Rosyadi Sayuti mengatakan perkumpulan Genre ini sangat strategis dan efektif dalam menularkan berbagai kebaikan di kalangan remaja.
Ia juga berpesan ada tiga hal yang tidak boleh dilupakan oleh Genre, yakni menikah dini. Artinya semakin dewasa usia menikah dan   perencanaan matang tentu proses kehidupan selanjutnya tertata untuk menggapai cita-cita.

     Berdasarkan hasil pendataan keluarga pada 2015, angka pernikahan dini di NTB, mencapai 5,81 persen. Angka tersebut berkorelasi kuat dengan jumlah janda dan duda sebesar 21,55 persen yang sebagiannya disebabkan perceraian.
Kedua, jauhi seks pra nikah. Senjata paling efektif adalah pendidikan agama, akhlak, moral dan tentu saling ingat mengingatkan sesama remaja.
“Ketiga, tidak boleh bersentuhan dengan narkoba. Itulah tiga hal yang harus menjadi misi utama Genre. Tidak hanya dihafal tetapi dihayati da disosialisasikan kepada tema sebaya,” katanya.
Rosyadi juga berharap dari puluhan finalis yang bersaing akan diperoleh Duta Genre NTB terbaik dan akan mampu bersaing di tingkat nasional.
“Saya ingin yang juara pada seleksi ini bisa mengikuti jejak seniornya yang menjadi juara nasional dan sekarang sudah menjadi mentor,” katanya.(anjas)

Leave a Reply