BMKG: Badai Guntur Berpotensi Landa Flores Barat

     Kupang, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang memperingatkan, hujan deras disertai badai dan guntur berpotensi melanda wilayah Manggarai dan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) bagian barat.
Potensi hujan deras disertai badai guntur ini diperkirakan akan berlangsung pada Rabu, (15/11), kata Duty Forecaster El Tari Kupang, Helny Mega Milla kepada Antara di Kupang, Selasa.
“Berdasarkan prakiraan cuaca wilayah NTT pada 15 November, BMKG telah mengelurkan peringatan dini cuaca, khusus masyarakat yang berada di wilayah Ruteng dan Bajawa, karena ada potensi terjadi hujan disertai badai guntur di wilayah itu,” katanya.
Hujan di Ruteng dan Bajawa itu juga akan disertai petir dan kilat, katanya menambahkan.

     Wilayah lain di Pulau Flores yang berpotensi terjadi hujan adalah Labuan Bajo Manggarai Barat dan Mbay di Ngada dan Borong di Manggarai Timur.
Selain itu, potensi hujan lokal terjadi di wilayah Waibakul dan Waikabubak, Sumba Barat, Atambua, Waingapu, Kupang dan Weetabula, Lewoleba Lembata dan Kalabahi Alor dan Sabu Raijua, katanya.
Mengenai gelombang, dia mengatakan, gelombang tinggi berpotensi terjadi di wilayah perairan NTT bagian selatan sampai barat.
Sementara kelembapan udara 55-95 persen dan angin bertiup dari Timur-Barat Laut dengan kecepatan 10-20 km per jam.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =