BMKG: Cirebon Hujan Tiga Hari Ke Depan

   Cirebon, jurnalsumatra.com – Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi Majalengka, Ahmad Faa Iziyn mengatakan wilayah Cirebon, Jawa Barat, akan diguyur hujan selama tiga hari ke depan, berkaitan dengan gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy.
“Di wilayah Cirebon hujan akan terjdi selama tiga hari ke dapan, karena ada gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy,” kata Faa Iziyn saat dihubungi melalui telephon seluler, Senin.
Gangguan cuaca berupa sirkulasi Eddy   terjadi di kawasan Kalimantan, namun juga menyebabkan wilayah Cirebon dan Jabar umumnya terdampak .

    Sirkulasi Eddy, nama gangguan tersebut, menyebabkan terjadinya perlambatan kecepatan angin dan didukung oleh kelembaban udara lapisan atas yang tinggi.
“Gejala alam tersebut membentuk awan-awan hujan yang merata di Jawa Barat, meskipun saat ini wilayah Jabar sudah masuk musim kemarau,” tuturnya.
Menurutnya wilayah Cirebon yang terdiri dari Kota/Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan itu diguyur hujan pada pagi hari saja.
“Sedangkan untuk siang, malam dan dini hari diprakirakan hanya berawan saja,” katanya.
Dan hujannya pun kata dia hanya dengan intensitas ringan, namun demikian masyarakat harus waspada selama adanya gangguan cuaca kali ini.(anjas)

Leave a Reply