BMKG: Lhokseumawe Masih Berpotensi Hujan

Lhokseumawe, jurnalsumatra.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh memperkirakan beberapa hari ke depan wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya masih berpotensi terjadinya hujan ringan-sedang.
“Untuk tiga hari ke depan, wilayah Kota Lhokseumawe dan juga daerah sekitarnya, diperkirakan masih terjadi hujan ringan dan sedang karena masih terjadi adanya pertumbuhan awan hujan,” kata  Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Febrianto di Lhokseumawe, Aceh, Senin.
Adapun penyebab masih terjadinya potensi hujan di wilayah Kota Lhokseumawe dan sekitarnya karena adanya sirkulasi “Eddy” yang berada di Samudera Hindia dekat pulau Sumatera.
“Karena adanya sirkulasi Eddy di sekitar Samudera Hindia di dekat Pulau Sumatera, maka mengakibatkan terjadinya belokan angin di wilayah Aceh dan sekitarnya, sehingga memicu pertumbuhan awan hujan,” jelas Prakirawa BMKG tersebut.

Oleh karena itu, meskipun cuaca hujan mulai berkurang dalam dua hari terakhir. Akan tetapi, diperkirakan potensi hujan ringan dan sedang masih terjadi beberapa hari ke depan. Kepada masyarakat juga diimbau untuk tetap mewaspadai adanya petir, longsor dan juga angin kencang.
“Karena masih berpotensi hujan, diharapkan masyarakat tetap waspada, seperti petir, angin kencang yang dapat membuat pohon tumbang. Serta bahaya longsor bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan,” kata Febrianto mengingatkan.
Tambahnya lagi, untuk tinggi gelombang laut di pesisir Lhokseumawe dan Aceh Utara, masih aman untuk pelayaran dan aktivitas nelayan. Yakni, berkisar antara 0,25 meter hingga 1,25 meter.(anjas)

Leave a Reply