BMKG: Waspadai Hujan Disertai Petir Di Jabar

    Bandung, jurnalsumatra.com –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandug meminta masyarakat untuk waspada terkait akan terjadinya hujan disertai angin kencang dan petir di wilayah Jawa Barat dari tanggal 14-16 November 2017.
“Betul BMKG mengeluarkan peringatan terkait potensi terjadi hujan disertai angin kencang dan petir selama tiga hari ke depan,” kata prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti, di Bandung, Rabu.
Yuni menjelaskan penyebab terjadi hujan disertai angin kencang dan petir akibat adanya sirkulasi siklonik di Laut China Selatan, Kalimantan, Samudera Pasifik, Utara Papua, Laut Timur Utara.
“Selain itu adanya pergerakan angin di Sumatera, Sulawesi yang menyebabkan kondisi tersebut meningkatkan potensi awan hujan di Jawa Barat,” kata dia.
Ia menuturkan potensi hujan disertai angin kencang dan petir kemungkinan besar terjadi di wilayah Jawa Barat bagian selatan.

     “Tidak semua wilayah Jawa Barat, tapi Jawa Barat bagian selatan itu seperti Bekasi, Depok, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Purwakarta, Subang dan Bogor,” kata dia.
Menurut dia, hujan disertai angin kencang dan petir diprediksi akan terjadi pada sore hingga malam hari. “Tapi tidak juga menutup kemungkinan terjadi dari siang hari,” kata dia.
Dia menuturkan secara umum cuaca untuk hari ini  di wilayah Jawa Barat adalah berawan dan hujan ringan berpeluang terjadi di wilayah Bekasi, Karawang, Sukabumi Selatan, Purwakarta, Subang, Sumedang, dan Indramayu.
Sedangkan untuk siang dan sore hari, secara umum berawan dan hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di Depok, Bogor, Bekasi, Cibinong, Purwakarta, Karawang, Cianjur, Bandung, Subang, dan Sukabumi.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =