BNN Papua Musnahkan Barang Bukti Narkotika

     Timika, jurnalsumatra.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua dan BNNK Mimika memusnahkan barang bukti narkotika golongan satu jenis sabu dan ganja di Timika, Kamis.
Sebanyak 42 gram narkotika jenis sabu dan 530 gram ganja dimusnahkan oleh Kepala BNN Provinsi Papua Brigjen Pol Bambang Budi Santoso, Kepala BNNK Mimika Sarifuddin, Sekda Mimika Ausilius You dan sejumlah pemangku kepentingan yang hadir seperti perwakilan Kejaksaaan Negeri Mimika, Kasat Narkoba Polres Mimika, dan sejumlah SKPD.
Pemusnahan barang bukti jenis sabu dengan cara dilarutkan di dalam air panas. Sedangkan untuk ganja yaitu dibakar di halaman kantor BNNK Mimika, Jalan Cenderawasih SP2, Timika.
Sekda Ausilius mengatakan bahwa narkoba bukan lagi hal yang baru bagi masyarakat hingga ke kampung-kampung terpencil karena peredarannya sudah sampai di wilayah-wilayah terpencil.
Dengan kenyataan itu, ia mengajak semua pihak untuk memerangi narkoba secara khusus di Mimika yang sebagai pintu masuk narkotika di Papua bagian selatan. Hal tersebut akan terwujud jika itu dimulai dari diri sendiri.
Selain itu ia berharap agar BNNK Mimika dapat lebih masif melakukan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi lebih sadar memahami bahaya-bahaya penyalahgunaan narkoba.

     Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Papua Bambang Budi Santoso menilai kehadiran Forkompinda dan berpartisipasi langsung memusnahkan barang bukti tersebut merupakan bentuk dukungan kepada BNNK Mimika dan keseriusan semua pemangku kepentingan untuk memerangi narkoba di wilayah itu.
Selain itu kegiatan pemusnahan yang dilakukan bersama BNN Provinsi Papua BNNK Mimika tersebut sebenarnya mau menunjukan kepada masyarakat Mimika bahwa BNN tidak main-main dalam hal, peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Papua.
Ia juga mengatakan bahwa BNNK memiliki tugas yang tidak mudah dalam memerangi narkotika di Mimika yang disebut sebagai pintu masuk narkotika di wilayah Papua Selatan. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak teristimewa pemkab setempat.
Ia berharap kedepannya sinergitas BNNK dan pemkab Mimika dapat membantu penanganan penyalahgunaan maupun peredaran narkotika di wilayah itu, salah satunya dengan menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor BNNK.
“Kalau pemkab sudah realisasi MoU tentang hibah tanah untuk pembangunan kantor maka tentu ditunjang dengan SDM yang memadai dapat membantu tugas BNNK kedepannya menjadi lebih maksimal lagi,” ujarnya.(anjas)

Leave a Reply