Bone Bolango Harap Adipura Dapat Mendorong Kabupaten Layak Huni

Gorontalo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo berharap program Adipura mampu mendorong terwujudnya daerah yang bersih, hijau dan sehat,serta berkelanjutan dalam mewujudkan kabupaten yang layak huni.

  Sekretaris Daerah (Sekda) Bone Bolango, Ishak Ntoma di Gorontalo, Rabu, mengatakan, pemerintah daerah diharapkan menjaga kondisi daerah yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan.

  “Kita tidak ingin satu daerah bersih hanya pada saat dipantau oleh tim penilai Adipura saja. Seperti yang terjadi pada daerah yang dilaporkan kondisinya kotor oleh masyarakat setelah menerima penghargaan itu,” ujarnya.

  Lebih lanjut Sekda Ishak Ntoma mengatakan, dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor : P.53/Menlhk/Sethen/Kum.1/6/2016 tentang pedoman pelaksanaan program Adipura, bahwa program Adipura diharapkan mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup.

  Di antaranya meliputi, pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau, pemanfaatan ekonomi dari pengelolaan sampah dan RTH, pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, serta penerapan tata kelola pemerintahan yang baik.

  “Hal yang terpenting dalam penilaian Adipura ini bukan hanya penghargaan, akan tetapi bagaimana kita terus membudayakan dan menanamkan kesadaran dan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Bone Bolango,” papar Sekda. (anjas)