BPBD Bantul Tambah Tiga Pos Pemadam Kebakaran

     Bantul, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini menambah tiga pos pemadam kebakaran untuk mendekatkan pelayanan penanganan bencana di daerah ini.
“Pada tahun ini ada penambahan tiga pos pemadam kebakaran, karena kita tahu saat ini lokasi kerawanan kebakaran di wilayah Bantul cukup banyak,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto, di Bantul, Sabtu.
Tambahan tiga pos pemadam kebakaran di wilayah Bantul itu, yaitu pos di dekat kantor Kecamatan Banguntapan, di sebelah barat Madukismo Kecamatan Kasihan, dan di wilayah Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri.
Penambahan tiga pos pemadam kebakaran itu, menurut dia, karena BPBD Bantul sudah mendapat bantuan tiga armada pemadam kebakaran hibah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diserahkan bupati beberapa waktu lalu.
“Dengan adanya penambahan-penambahan armada dan pos ini mudah mudahan kita bisa merespons dan memenuhi standar pelayanan kepada masyarakat terkait bencana kebakaran, sehingga responstime kita itu 15 menit,” katanya lagi.

     Dwi Daryanto mengatakan, adanya tambahan tiga pos pemadam kebakaran berarti saat ini di Bantul terdapat empat pos pemadam, dengan satu pos lainnya berada di kantor BPBD Bantul yang merupakan pos induk pemadam.
“Ke depan kami akan tambah tiga mobil lagi, sehingga harapan saya setiap pos itu minimal disiagakan dua armada untuk memenuhi kebutuhan respons masyarakat dengan potensi kerawanan kebakaran cukup tinggi,” katanya lagi.
Direktur Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk mengatakan, tiga pos pemadam kebakaran secara umum sudah siap, namun khusus di Pos Banguntapan masih menunggu selesai pengecoran untuk parkir armada.
“Jadi kita itu membuat WMK (wilayah manajemen kebakaran) untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat terkait kebakaran, dan untuk WMK ini cakupannya tidak boleh lebih dari 7,5 km, agar responstime kita cepat,” katanya pula.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =