BPBD Kupang Data Kerusakan Bencana Puting Beliung

   Kupang, jurnalsumatra.com – Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), masih mendata kerusakan akibat dampak bencana alam angin puting beliung yang melanda wilayah kelurahan Lasiana dan Oesapa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur yang terjadi Rabu (7/3) petang.
“Belum ada data yang pasti tentang jumlah korban puting beliung di dua kelurahan itu. BPBD masih melakukan verifikasi sehingga datanya lebih akurat,” kata Sekretaris BPBD Kota Kupang, Erni AM Kalendonu di Kupang, Jumat.
Menurut dia, data yang masuk dari pihak kelurahan belum akurat karena terdapat penggandaan nama korban.
Bencana alam angin puting beliung terjadi pada Rabu (7/3) petang menerjang rumah penduduk di kelurahan Lasiana dan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima.

Akibat bencana alam tersebut sejumlah rumah penduduk mengalami kerusakan.
Menurut Erni, seorang warga Kelurahan Lasiana mengalami luka-luka akibat tertimpa bahan bangunan yang jatuh saat peristiwa itu terjadi.
Dikatakannya, proses pendataan kerusakan dilakukan petugas BPBD Kota Kupang langung kepada korban bencana sehingga data yang didapat lebih akurat.
“Proses pendataan langsung di lapangan demi mendapatkan data yang lebih akurat sehingga tidak bermasalah saat proses distribusi bantuan,” ujar Erni.
Ia menambahkan, BPBD Kota Kupang telah menyalurkan bantuan tangap darurat kepada korban bencana alam angin puting beliung berupa makanan siap saji, terpal serta pakaian.
Dia mengatakan, pemerintah Kota Kupang juga akan memberikan bantuan bahan bangunan kepada korban yang akan disesuaikan dengan tingkat kerusakan rumah.(anjas)

Leave a Reply