BPBD Lebak Apresiasi Penyaluran Bantuan Gempa

     Lebak, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Lebak mengapresiasi penyaluran bantuan korban gempa tektonik berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) yang terjadi, Selasa (23/1) lalu.
“Semua warga korban gempa itu terpenuhi kebutuhan pangan dan logistik,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Jumat.
Selama ini, pascakorban bencana gempa relatif baik, bahkan diantaranya mereka sudah kembali ke rumah masing-masing setelah dilakukan perbaikan.
Selain itu juga mereka mendapat aneka macam bantuan berupa beras, lauk pauk, makanan siap saji, susu, pakaian, obat-obatan dan peralatan dapur.
Para korban gempa juga mendapat bantuan material untuk membangun rumah yang mengalami kerusakan.
Saat ini, jumlah kerusakan rumah akibat gempa tercatat 1.836 unit di 90 desa tersebar di 22 kecamatan.

     Namun demikian, seluruh korban gempa tertangani dengan baik pascabencana alam tersebut.
“Kami tidak menerima laporan warga korban gempa itu meninggal dunia maupun serangan penyakit dan kerawanan pangan,” katanya.
Menurut dia, pihaknya mengapresiasi para relawan antara lain TNI, Polri, Dinkes, Tagana, PMI, Pelajar, Mahasiswa dan organisasi kemasyarakatan.
Mereka para relawan bergerak cepat menyalurkan bantuan bahan pokok maupun logistik lainnya hingga tepat sasaran ke lokasi masyarakat yang terdampak gempa.
Selain itu juga mereka jika ditemukan sakit maupun luka-luka langsung dibawa ke posko kesehatan.
Karena itu, mereka para korban gempa tidak menimbulkan penderitaan maupun kerawanan pangan.
“Kami minta para relawan itu terus bekerja keras agar warga korban gempa bisa kembali hidup normal,” katanya menjelaskan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 20 =