BPBD Lebak Ingatkan Warga Waspadai Kebakaran Permukiman

    Lebak, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten mengingatkan warga mewaspadai kebakaran permukiman guna meminimalisasi risiko kebencanaan.
Kewaspadaan itu menyusul satu rumah milik Sulaemah (45) warga Desa Rangkasbitung Timur,Rabu siang hangus terbakar hingga rata dengan tanah dilalap si jago merah itu, kata Kepala BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Rabu.
Selama ini, jumlah kasus rumah di permukiman yang mengalami kebakaran cenderung meningkat, meski curah hujan di daerah itu cukup tinggi.
Kebakaran di permukiman padat penduduk terhitung sejak dua pekan terakhir tercatat 12 kasus dan mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.
Bahkan, kondisi rumah para korban kebakaran rata dengan tanah.
Namun, pihaknya belum menerima laporan korban jiwa maupun luka-luka akibat kebakaran tersebut.

     Kebanyakan korban kebakaran di permukiman itu akibat hubungan arus pendek listrik sehingga api cepat menyebar ke bagian kayu maupun atap,terlebih tiupan angin cukup kencang.
“Kami mengingatkan warga agar melakukan pencegahan kebakaran dengan melakukan pemeriksaan kabel listrik juga kayu bakar dan lampu tempel,” katanya.
Ia menyiagakan personel dan relawan untuk melakukan evakuasi jika terjadi kebakaran di kawasan permukiman padat penduduk.
Mereka petugas menjaga selama 24 jam untuk memberikan pertolongan jika terjadi bencana kebakaran.
“Kami akan bergerak cepat jika ada laporan dari warga untuk melakukan evakuasi dan pertolongan korban kebakaran agar tidak menimbulkan korban,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 13 =