BPBD Lebak Meminta Warga Waspadai Hujan Lebat

    Lebak, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Banten, meminta masyarakat mewaspadai hujan lebat, angin kencang, dan kilat menyusul memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim hujan.
“Potensi hujan lebat dan angin kencang berpeluang terjadi sore hari mulai pukul 15.00 WIB sampai 15.45 WIB,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi di Lebak, Selasa.
Berdasarkan laporan BMKG diperkirakan hujan lebat disertai angin kencang, sambaran kilat  selama sepekan ke depan sehubungan memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.
Diperkirakan cuaca buruk tersebut menimbulkan bencana alam sehingga masyarakat teap waspada guna mengurangi resiko kebencanaan agar tidak menimbulkan korban jiwa.
Biasanya, angin kencang, hujan lebat dan sambaran petir bisa ditandai jika pada siang hari suhu panas matahari begitu terik dengan suhu 33-35 derajat.
Namun, tiba-tiba sore hari suhu udara menjadi dingin.

     Karena itu, BPBD telah menyebarkan surat imbauan peringatan kepada aparat kecamatan, desa, relawan, dan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk tersebut.
“Kewaspadaan itu untuk meminimalisasi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa juga kerusakan material cukup besar,” katanya menjelaskan.
Ia mengharapkan masyarakat jika hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran kilat diminta berada di rumah dan dilarang berada di tanah lapang, di bawah pohon, dan di atas atap genting.
Sebab, cuaca ekstrem itu bisa menimbulkan korban jiwa akibat sambaran petir, terlebih sebelum hujan suhu udara cukup panas terik matahari.
“Kami minta warga dapat mewaspadai hujan lebat disertai kilat petir,” katanya.(anjas)

Leave a Reply