BPBD: Mataram Akan Terdampak Siklon Tropis Joyce

    Mataram, jurnalsumatra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan daerah itu akan terdampak Siklon Tropis Joyce yang diperkirakan terjadi selama 24 jam.
“Jumat ini Kota Mataram diperkirakan terdampak Siklon Tropis Joyce, angin kencang disertai hujan selama 24 jam,” kata Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencaan Daerah (BPBD) Kota Mataram I Made Yasa di Mataram, Jumat.
Perkiraan tersebut, lanjutnya, berdasarkan informasi dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Lombok.
Terkait dengan itu, BPBD Mataram mengimbau masyarakat Kota Mataram dan sekitarnya berhati-hati saat berada di luar rumah, karena angin kencang, hujan lebat dan petir diperkirakan terjadi.

“Kalau memang tidak ada kepentingan di luar, masyarakat sebaiknya tetap berada dalam ruangan atau rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.
Di samping itu, untuk mengantisipasi berbagai bencana, pihaknya berharap peran serta masyarakat dan aparat kelurahan untuk aktif memantau kondisi wilayah masing-masing selama cuaca ekstrem.
“Dengan demikian, apa yang menjadi kebutuhan logistik untuk antisipasi bencana bisa disiapkan untuk didistribusikan,” kata mantan Lurah Pagesangan itu.
Menurut dia, dengan keterbatasan jumlah aparat, BPBD tidak dapat melakukan pemantauan secara menyeluruh selama 24 jam pada setiap daerah titik rawan bencana.
“Akan tetapi, untuk kebutuhan logistik antisipasi dan penanganan bencana, pada prinsipnya kami sudah siap. Kami juga sudah membuat posko tanggap darurat,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + nineteen =