BPJS Kesehatan Curup Terapkan Pelayanan Jemput Bola

    Rejang Lebong, jurnalsumatra.com – Kantor Cabang BPJS Kesehatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menerapkan sistem jemput bola untuk warga yang belum mendaftarkan diri dalam program JKN-KIS di wilayah itu.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara didampingi Kabid Perluasan Peserta dan Kepatuhan, Nanang Jayadi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan sistem jemput bola yang mereka terapkan ini dilakukan dengan cara mendatangi kelompok masyarakat setempat yang belum terdaftar program JKN-KIS.
“Petugas BPJS Kesehatan Curup dengan menggunakan mobil khusus pelayanan keliling mendatangi pusat-pusat keramaian dalam setiap kecamatan di Rejang Lebong, di mana program ini untuk mewujudkan Universal Health Coverage atau cakupan semesta pada 2019 mendatang,” katanya.
Petugas BPJS Kesehatan yang menggelar program jemput bola itu, akan melayani masyarakat yang akan mendaftar sebagai peserta Jaringan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS), tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Rejang Lebong.

    Kalangan warga yang mendapatkan pelayanan program jemput bola ini kata dia, setelah datanya lengkap kemudian dilakukan penginputan data dan selanjutnya akan menerima nomor virtual account.
“Setelah calon peserta mengkonfirmasi telah melakukan pembayaran, maka kami akan mencetak kartu BPJS Kesehatan mereka dan akan dikirim langsung ke rumah peserta melalui jasa pengiriman Kantor Pos,” urai Syafrudin Imam Negara.
Sementara itu jumlah penduduk Rejang Lebong yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejauh ini baru berkisar 62 persen dari total penduduk Rejang Lebong yang berjumlah lebih dari 274.815 jiwa.
Kendati saat ini jumlah penduduk Rejang Lebong belum 100 persen menjadi peserta JKN KIS, namun dirinya optimistis target cakupan kepesertaannya bisa mencapai 95 persen. Untuk itu pihaknya sudah memberikan berbagai kemudahan agar warga bisa mendaftarkan diri melalui drop box di kantor pos atau dengan aplikasi mobile JKN.(anjas)

Leave a Reply