BPJS Kesehatan Imbau Pemudik Bawa Kartu JKN-KIS

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gorontalo mengimbau pemudik yang menjadi peserta, untuk selalu membawa kartu JKN-KIS.
Kepala cabang BPJS Gorontalo, Rendra Pandu Patria, Sabtu, mengatakan BPJS Kesehatan memastikan peserta JKN-KIS yang melaksanakan mudik mendapatkan jaminan atau akses finansial ke fasilitas kesehatan apabila dibutuhkan.
“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif,” ujarnya.
Untuk mengecek iuran peserta juga kata Pandu, dapat dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN.
“Dalam Mobile JKN peserta juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan,” kata dia, lagi.

Ia menjelaskan, untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telag meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.
“Aplikasi itu menyediakan nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, informasi, tips dan lokasi-lokasi penting serta media sosial kami,” jelasnya.
Ia mengaku BPJS Kesehatan memastikan peserta JKN-KIS dapat mengakses informasi yang diperlukan selama melakukan mudik, serta menyambut dan mendukung peserta yang melaksanakan mudik.
“Peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir saat libur lebaran 2018 pada H-8 hingga H+8, karena tetap berhak atas jaminan pelayanan kesehatan selama hari libur Idul Fitri dengan prosedur yang sudah disepakati dengan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” pungkasnya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + four =