BPJS Ketenagakerjaan Jambi Fokus Capai Target Peserta

     Jambi, jurnalsumatra.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Jambi, menyatakan tetap fokus mencapai target kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan yang telah ditetapkan tahun 2018.
“Kami fokus melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat dan pekerja, sehingga masyarakat dapat memahami pentingnya dan terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” kata Kepala Bidang Pemasaran pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi, Arif Budiman di Jambi, Senin.
Target kepesertaan yang akan dicapai menurut Arif, terbagi menjadi dua sektor yakni penerima upah (PU) sebanyak 72.500 peserta dan sektor bukan penerima upah (BPU) sebanyak 33.500 peserta.
Sosialisasi dan edukasi secara masif tersebut, juga akan dilakukan dalam momen hari buruh internasional atau yang lebih dikenal dengan “May Day” yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.
Masyarakat pekerja kata dia, diharapkan akan lebih sadar dan paham pentingnya program jaminan sosial itu guna melindungi mereka dari risiko jika mengalami kecelakaan kerja atau kematian.
Jika tingkat pemahaman masyarakat bertambah, tentu kepesertaan juga meningkat sehingga mereka terlindungi dari setiap risiko yang terjadi dalam bekerja atau berkegiatan ekonomi.

“Di samping sektor pekerja penerima upah, kami juga fokus untuk mencapai target perluasan sektor pekerja bukan penerima upah sehingga masyarakat sadar terhadap pentingnya mengikuti jaminan sosial untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya menjelaskan.
Sementara itu, dalam memperingati hari buruh atau setiap 1 Mei atau Selasa besok, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jambi akan menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan dalam memperingati hari pekerja itu.
Rangkaian kegiatan memperingati hari buruh yang bertema “May Day Fun Day” itu dengan melibatkan sejumlah stakeholder dan serikat pekerja di daerah itu.
Kegiatan itu juga akan diisi sejumlah diskusi dan edukasi serta bermacam kegiatan lainnya, antara lain donor darah, cek kesehatan gratis.
“Dan juga kita siapkan kegiatan untuk anak-anak, nanti ada lomba mewarnai, menyusun puzzle yang bertujuan untuk mengedukasi sejak dini akan pentingnya jaminan sosial,” katanya.
Dalam kegiatan itu BPJS Ketenagakerjaan juga akan membuka layanan mobil keliling yang dapat memberikan informasi tentang layanan jaminan sosial ketenagakerjaan itu.
“Sehingga melalui momen tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kepedulian para pekerja dan keluarganya akan manfaat jaminan sosial ketenagarkaan bagi mereka,” katanya menambahkan.(anjas)

Leave a Reply