BPN Banggai Siapkan 6000 Sertifikat Gratis

Luwuk, jurnalsumatra.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Banggai menyiapkan 6000 sertifikat yang akan dibagikan gratis ke warga pada pelaksanaan peringatan Hari Nusantara tahun 2018 di Kota Luwuk, 13 Desember 2018.
Kepala BPN Banggai, Muh Rizal dihubungi Jumat mengatakan sertifikat itu telah tersedia di kantor BPN, hanya saja mekanisme untuk mengeluarkan sertifikat itu, masih menunggu perintah resmi dari Kementerian Agraria dan Penataan Ruang (ATR) di Jakarta.
“Sertifikat itu kami sudah siap. Untuk mengeluarkannya kami tetap berpatokan pada surat perintah dari ATR,” katanya.
Sementara itu, Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo mengatakan Kementerian Koordinator Kemaritiman telah menunjuk Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah Hari Nusantara 2018.
“Kami sudah menyiapkan segala sesuatu untuk kesuksesan pelaksanaan kegiatan, yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo,” katanya.

Mustar menjelaskan, Bupati Banggai tengah berkoordinasi dengan panitia pusat untuk mematangkan persiapan kegiatan tersebut, sebab akan dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan lainnya seperti peresmian Bandara Syukuran Aminuddin Amir di Luwuk dan peresmian PT. Panca Amara Utama di Kecamatan Batui.
“Rencananya Presiden juga akan membagikan 6.000 sertifikat gratis. Ada juga pembagian kartu nelayan sejahtera dan kartu petani sejahtera,” ungkap Mustar.
Mustar menjelaskan terkait agenda Presiden yang berkenaan dengan pembagian sertifikat gratis, pemerintah daerah sudah berkoordinasi dengan BPN Banggai. Sehingga telah disepakati sertifikat gratis yang akan dibagikan tersebut sebanyak 6.000 lembar.
Sebelumnya kami minta itu sekitar tujuh ribuan, tapi BPN klarifikasi bahwa hanya tersedia 6.000 sertifikat. Nah, itu yang sudah kami sepakati dan telah kami surati secara resmi ke BPN dan tembusan ke Kanwil BPN di Palu, jelas Mustar.(anjas)

Leave a Reply