BPP Jambi Bekali Petani Pengendalian Hama Cabai

    Jambi, jurnalsumatra.com – Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi menggelar pelatihan tematik tanaman cabai merah angkatan II yang digelar di gedung UPTD Tanaman Pangan Hortikultura (TPH) Pamenang Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.
“Fokusnya tentang pengendalian hama cabai merah yang kerap merugikan petani, selama empat hari peserta mendapat materi pengendalian yang dipadukan dengan kegiatan kunjungan lapangan,” kata Ketua Panitia Pelatihan yang juga Widyaiswara BPP Jambi Lisa Marianah ketika dihubungi dari Jambi, Sabtu.
Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Merangin, Rumusdar, itu digelar selama empat hari yakni 18-21 April 2018.
Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 orang petani hortikultura dari daerah itu yang selama empat hari mendapatkan masukan dan pelatihan tentang pemeliharaan tanaman cabai merah.
Fokus materi pengendalian hama itu, kata Lisa merupakan bagian untuk meningkatkan kemampuan para petani di daerah itu untuk menghindari kerugian akibat serangan hama. Lisa menjelaskan, sejumlah hama yang kerap menjadi momok petani cabai adalah lapuk buah, kutu kebul dan keriting baik buah atau daun.
Ketiga hama itu, kata Lisa menjadi permasalahan bagi petani yang berakibat penurunan produktifitas bahkan berbuntut gagal panen karena serangan hama itu. Materi pelatihan 30 persen pelatihan kelas dan 70 persen praktik. Selain teori juga dilakukan  kunjungan lapangan.

      Peserta melalukan diskusi dan sharing pengalaman antara pelatih yang berasal dari UPTD TPH Pamenang dengan para petani, maupun antar sesama petani. Selain penanganan hama mereka juga melakukan sharing atau berbagi pengalaman antarpetani baik dalam pemilihan bibit, pengolahan lahan maupun penanganan hama.
Para petani mengaku mendapatkan benih cabai merah dengan cara menangkar dari cabai yang mereka tanam atau membeli bibit baru dari merek produsen benih yang sudah teruji.
“Benih mereka diperoleh dari membeli benih juga menangkar dari cabai yang mereka tanam,” kata Lisa.
Sementara itu kegiatan Jumat (20/4) melakukan kunjungan lapangan ke kawasan tanaman cabai merah di Desa Pelakarsari Kecamatan Pamenang. Seluruh peserta ikut untuk melihat dari dekat tanaman cabai merah di sana.
Dari lapangan, para peserta akan melihat dan mengamati langsung kiat-kiat serta permasalahan dalam penanaman tanaman hortikultura jenis cabai merah itu.
Sementara itu Kepala BPP Jambi H Muhammad Syarip menyatakan kegiatan pelatihan tematik tersebut digelar di beberapa daerah, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan pemantapan pengetahuan bertanam bagi para petani sehingga bisa meningkatkan produktifitas hasil pertaniannya.
Ia mengharapkan hasil pelatihan itu bisa disampaikan kepada para petani lainnya sehingga ilmu yang diraih dalam pelatihan bisa diaplikasikan oleh petani lainnya.
Selain menggelar pelatihan tematik tanaman cabai merah di Pamenang Kabupaten Merangin, BPP Jambi juga menggelar pelatihan tematik bawah putih di BPP Lembah Gumati di Kabupaten Solok Sumatera Barat yang berlangsung 17-20 April 2018.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + ten =