Brasil Pastikan Tiga Elemen Perkuat Timnas Untuk Piala Dunia FIBA

Jakarta, jurnalsumatra.com – Tim nasional Brasil berusaha memastikan roster mereka untuk Piala Dunia FIBA 2019 di China nanti diperkuat tiga elemen yakni pemain berpengalaman, pemain-pemain NBA serta deretan pemain muda.

  Tiga elemen itu, kata pelatih kepala Brasil Aleksandar Petrovic, sejauh ini ada dalam roster sementara berisikan 15 pemain yang bakal mengikuti persiapan jelang Piala Dunia FIBA mulai 25 Juli 2019.

  Petrovic menegaskan bahwa Brasil harus diperkuat pemain-pemain berpengalaman, pemain yang sedang berkarier di NBA serta pemain muda untuk penyokong masa depan mereka.

  “Tim ini punya komposisi yang baik berisikan para pemain yang siap tampil di level tertinggi, saya sangat senang dengan atlet-atlet yang dipanggil untuk memulai persiapan pada 25 Juli nanti,” kata Petrovic dilansir laman resmi FIBA, Senin malam WIB.

  Untuk jajaran pemain senior, terdapat sedikitnya tujuh pemain berusia di atas kepala tiga dipimpin Alex Ribeiro Garcia sebagai pemain tertua dan sudah berusia 39 tahun.

  Kemudian terdapat juga Anderson Franca Varejao, Marcelo Tieppo Huertas dan Leandro Mateus Barboa yang berusia 36 tahun, Marcus Vinicius Vierira de Souza (35), Rafael Hettsheimeir (33) dan Jhonatan Luz dos Santos (32).

  Sementara dari kelompok pemain yang bermain di NBA terdapat Bruno Correa Fernandes Caboclo yang membela Memphis Grizzlies dan Cristiano Silva Felicio yang berseragam Chicago Bulls.

  Sedangkan deretan pemain muda terdapat Marcos “Didi” Louzada Silva dan Yago Mateus dos Santos yang sama-sama masih berusia 20 tahun.

  Baca juga: Rekrutan anyar Pelicans bertekad bela Brasil di China

  “Tim ini punya hampir semua atlet yang saya butuhkan, sekarang tinggal mematangkan kepaduan dan aspek taktik, baik dalam menyerang maupun bertahan,” kata Petrovic.

  “Saya yakin setelah 35 hari persiapan, kami akan menghasilkan penampilan indah di putaran final nanti,” ujarnya menambahkan.

  Brasil akan melakoni persiapan selama 26 Juli hingga 7 Agustus di Goias, sembari menjalani pertandingan pemanasan melawan Uruguay di Anapolis dan Belem sebelum kemudian Petrovic memilih 12 pemain untuk roster yang bakal diboyong ke China.

  Sebelum ke China, Brasil akan terlebih dulu mampir ke Lyon, Prancis, untuk tampil dalam turnamen pemanasan yang diikuti juga oleh finalis lain seperti Montenegro, Argentina dan Prancis.

  Di China, Brasil tergabung di Grup F bersama Montenegro, Selandia Baru dan Yunani yang akan melakoni seluruh pertandingan penyisihan grup di Nanjing.

  Brasil akan melakoni laga pertama di Grup F melawan Selandia Baru pada 1 September, disusul menghadapi Yunani dan Montenegro tiap dua hari berselang.

 Berikut roster Brasil yang sementara berisikan 15 pemain untuk fase persiapan:

  Alex Ribeiro Garcia (guard/forward), Anderson Franca Varejao (forward/center), Augusto Cesar Lima Brito (forward/center), Bruno Correa Fernandes Caboclo (forward), Cristiano Silva Felicio (center), Jhonatan Luz dos Santos (forward), Leandro Mateus Barbosa (guard), Lucas Dias Silva (forward), Marcelo Tieppo Huertas (guard), Marcos Henrique Louzada Silva (guard), Marcus Vinicius Vieira de Sousa (forward), Rafael Freire Luz (guard), Rafael Hettsheimeir (center), Vitor Alves Benite (guard), Yago Mateus dos Santos (guard). (anjas)