BSNP : Amanat PP Hasil UN Untuk Jenjang Berikutnya

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Bambang Suryadi mengatakan amanat Peraturan Pemerintah (PP) 19/2005 hasil Ujian Nasional (UN) digunakan untuk jenjang berikutnya.
“Amanat PP 19/2005, hasil UN digunakan di antaranya untuk dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Hasil UN SMP, misalnya, digunakan untuk pertimbangan seleksi masuk SMA, demikian hasil UN SMA dipertimbangkan untuk seleksi masuk perguruan tinggi. Jadi ini amanat PP,” ujar Bambang di Jakarta, Sabtu.
Namun, lanjut Bambang, perlu diingat hal itu hanya menjadi salah satu pertimbangan. Artinya ada pertimbangan lain, selain hasil UN.
“Adapun ada pihak yang tidak menggunakannya, itu hak pengguna seperti perguruan tinggi. Namun perlu ada penjelasan, mengapa amanat PP tersebut belum diterapkan,” katanya.

Sebelumnya dalam peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2018, Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Prof Ravik Karsidi mengatakan pihaknya tak mempertimbangkan nilai UN dan USBN pada penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.
“Kami sepakat untuk tidak tergantung pada nilai USBN dan UN. Artinya USBN dan UN hanya dipakai kementerian lain, tapi kalau untuk ujian mandiri boleh,” ujar Ravik.
Ravik menjelaskan penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilakukan melalui tiga cara, yakni SNMPTN, Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan ujian mandiri yang diselenggarakan pihak kampus.
Pada tahun sebelumnya, UTBC dan UTBK mempunyai nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Ravik mengatakan dasar penilaian SNMPTN hanya nilai rapor semester satu hingga lima. Dengan kata lain, tidak sampai lulus ujian.
“Artinya tidak sampai lulus UN dan USBN baru keluar hasil SNMPTN,” jelas Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret tersebut.
Meski demikian, jika siswa yang lulus SNMPTN, namun kemudian tidak lulus sekolah, maka kelulusan SNMPTN dibatalkan.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 16 =