Buat EKTP Satu Hari Selesai

Palembang, jurnalsumatra.com – Hari ini, Rabu (11/7/2018) pukul  08.00 WIB, bertempat di Gedung Serbaguna Asrama Haji B  Palembang. Kementrian Dalam Negeri Melaunching Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (#GISA) diwakili Dirjen Adminduk Kemendagri,  Prof Dr Zuhdan Arif Fakrulloh SH MH, di Gedung Serbaguna Asrama Haji B, Rabu (11/7).Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dimulai dari 11, 12 dan 13 Juli 2018.

Acara ini dihadiri oleh para kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumsel, SKPD, camat, lurah dan RT/ RW se-Kota Palembang. Warga tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut dan mereka berharap mendapatkan E-KTP sesuai kepentingan masing-masing.

Para Ketua RW dan RT se Kota Palembang mengerahkan warganya yang belum merekam atau mempunyai E KTP mereka  datang ke Asrama Haji  Palembang  mulai tanggal 11,12 dan 13 Juli 2018 pukul 08.00 wib smpai  selesai. Perekaman dan pencetakan e-KTP  langsung jadi secara gratis.

Dirjen Dukcapil Kemendagri,  Prof DR Zudan Arif Fakrullah SHMH menuturkan, kegiatan ini untuk  mendorong seluruh masyarakat di sumsel semua memiliki dokumen pendudukan mulai dari akte kelahiran bagi yang baru lahir, anak-anak memliki Kartu Indentitas Anak, yang di atas 17 tahun memiliki EKTP, yang menikah memiliki kartu nikah, yang meninggal dibuatkan akte kematian, inilah yang dibungkus menjadi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (#GISA).

“Ensensi pemerintah ingin medorong agar semua masyarakat dokumen kependudukan lengkap, kalau sudah dokumennya lengkap maka menuju single indetity number. Menuju satu nomor kependudukan tunggal, jadi satu penduduk hanya boleh memiliki satu Nik dan satu indentitas,” ujarnya.

Zudan menjelaskan,  khusus pembuatan EKTP saat ini tidak butuh waktu lama cukup satu hari. Sekarang sudah di perbaiki sistemnya, jadi setiap pembuatan EKTP hanya butuh waktu paling lama satu hari, sesuai dengan Permendagri No 19 tahun 2018 didorong satu jam sampai satu hari, jika sampai lebih satu hari lapor di Halo Dukcapil telpon ke 15537, telpon kesana lapor.

Dalam pencanangan tersebut dilakukan perekaman untuk EKTP warga Sumsel, artinya untuk semua warga kabupaten yang ada di Sumsel. (yanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 4 =