Budaya Marga Belide dan Dangku Perlu di Lestarikan

MuaraEnim, jurnalsumatra.com – Kabid Kebudayaan Diknas Pendidikan MuaraEnim Irawan supimi,. SPD.MM,  Akan bangkitkan Seni Budaya MuaraEnim.

Irawan Supmidi,.SPD,. MM, Berbicara tentang Kebudayaan MuaraEnim Menurut Kabid Kebudayaan MuaraEnim. “masih banyak yg belum tergali, Di MuaraEnim ini banyak sekali suku atau Marga seperti Marga Lubay, Marga Belide, Marga Dangku,  dan masih banyak sekali yang perlu kita lestarikan seperti baru-baru ini, ada perhelatan Tunggu Tumbang dari daerah suku Semendo, hal seperti ini perlu kita Tegaskan,  sehingga budaya leluhur kita tidak punah ditelan budaya lain” , kata Irawan “saya secara peribadi  dengan kebudayaan daerah lain, yaag sering muncul di pemberitaan,  malah ada yg di tayangkan di TV, dan lainnya, Seingat saya didangku itu, ada budaya Rambang Dangku”.

“Seperti di Belido,  ada Tari Tigal, dan Daerah Marga Tambangan kelenjar Ada Dulmuluk,  untuk itu saya akan bertekat untuk membangkitkan kembali seni budaya, di MuaraEnim dan, setau saya ada kesenian Biola, nah ini sudah sangat langka sekali jadi saya mengajak dan akan saya perogramkan untuk Tahun 2020 ini, khusus kesenian Biola akan kita cari Pelatihnya dulu”, ujar Irawan yag salah satu Nya pernah mengangkat Kebudayaan di Kota Prabumulih ke jenjang Nasional ke tingkat Luar Negeri . ( Ali )