Bulan Syawal Pasangan Menikah Meningkat


Lahat, jurnalsumatra.com – Pasca lebaran dan memasuki Bulan Syawal pasangan menikah mengalami peningkatan cukup Signifikan.

Maka dari itu, pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lahat melalui kantor urusan agama ( KUA ) Lahat Khairul Saleh,S.Ag memastikan stok untuk buku nikah aman sampai akhir Tahun 2019.

Ia menjelaskan, buku nikah yang ada dikantor urusan agama (KUA) sengaja distok, guna untuk mengantisipasi pasangan menikah saat memasuki Bulan Syawal.

“Alhamdulillah, untuk stok buku nikah aman. Kini, buku tersebut disimpan di Gudang Kakamenang Kabupaten Lahat. Jadi, kita sampaikan bagi pasangan yang menikah tidak perlu khawatir,” pesannya. Senin (17/6/2019).

Tidak itu saja, Kepala KUA Kabupaten Lahat ini, dengan lantang memastikan persediaan buku nikah dapat mencukupi hingga akhir tahun.

“Sampai saat ini, kita bisa memastikan stok buku nikah mencukupi karena berdasarkan data yang diterima pihaknya yang mendaftar untuk dinikahkan mencapai 80 sampai 90 orang,” imbuhnya.

Menurutnya, pasca lebaran Idul Fitri 1440 H, jumlah pasangan menikah di Kota Lahat mengalami peningkatan 2 X lipat, jika dibandingan dengan bulan bulan sebelumnya.

“Untuk hari biasa hanya mendaftar bisa mencapai 70 sampai 80 pasangan calon pengantin dalam satu bulannya. Namun, usai lebaran dan memasuki Bulan Syawal mengalami peningkatan menjadi dua kali lipat atau menjadi 160 pasangan, ” pungkasnya.

Kenapa hal ini disampaikan, sambung Khairul Saleh, semata mata untuk menjawab atas kekhawatiran masyarakat dan bagi para pasangan calon pengantin.

“Jadi, tidak perlu khawatir lagi. buku nikah aman hingga akhir tahun ini. Intinya kami siap melayani bagi semua pemohon sebagi calon pengantin. Bagi yang calon pengantin silakan langsung datang kekantor urusan agama Kota Lahat,” himbau Khairul Saleh. (Din)