Bulog Lakukan OP-KPSH Stabilkan Harga Jelang Natal

Manado, jurnalsumatra.com – Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo melakukan kegiatan Operasi Pasar dan Ketersediaan Pasokan Stabilisasi Harga (OP-KPSH), guna menstabilkan harga jelang Natal tahun 2019.

  “Saat ini Bulog Wilayah SulutGo lagi gencar-gencarnya melakukan kegiatan OP-KPSH beras,” kata Kepala Perum Bulog Divre SulutGo Eko Hari Kuncahyo di Manado, Selasa.

  Eko mengatakan kegiatan ini dilakukan melalui agen, mitra pembeli, kelompok masyarakat, outlet binaan Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita (TPK) dll.

  Tujuannya, kata Eko, untuk menjaga pasokan (ketersediaan) beras medium di pasar-pasar dan menjaga keterjangkauan harga beras medium di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET), sehingga stabilisasi harga beras tetap terjaga dan laju inflasi sesuai dengan harapan.

  Ia menjelaskan, apabila pedagang yang membutuhkan beras medium tersebut, bisa datang ke gudang Bulog. Dengan melengkapi persyaratan dan menjual harga yang telah ditentukan.

  Jadi, katanya, meskipun situasi saat ini paceklik dan gagal panen akibat kemarau panjang, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, ketersediaan persediaan beras di Bulog aman.

  “Kami juga berterimakasih kepada pedagang yang ikut menjaga stabilisasi harga beras medium di pasar, sehingga saat ini harga cukup stabil serta membantu dalam penyaluran beras medium dari Bulog,” jelasnya.

  Serta, katanya, Bulog melakukan pelayanan, penyaluran/penjualan Program Pemerintah Bantuan melalui Pangan Non Tunai (BPNT).

  “Disamping itu kami juga melayani masyarakat melalui kegiatan pasar murah dan pembelian/order paket sembako,” kata Eko.(anjas)