Bupati Adakan Rakor Dengan BKD Se SUMSEL


Martapura, jurnalsumatra.com – Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S, Sos. Msi di dampingi Kepala BKD(Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten OKU Timur Drs. Juanda menghadiri rapat koordinasi/rakor di Hotel puri Martapura hari Kamis (11/07/2019) sekira pukul 07.30 wib.

Rapat kordinasi yang bertema ‘KITA TINGKATKAN PROFESIONALISME PELAYANAN MUTASI PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA’ juga di hadiri oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah provinsi Sumatera selatan Nora Elisya SH. MM serta kepala BKPSDM dari 17 Kabupaten/kota.

Selaku tuan rumah rapat koordinasi Bupati OKU Timur mengatakan dalam sambutannya ASN bahasanya tidak boleh berpolitik apabila ada ASN/PNS
Yang ingin berpolitik haruslah mundur dulu jadi ASN karena sudah ada peraturan undang-undang kepegawaian.
Dengan banyaknya jumlah ASN saat ini Bupati mengharapkan agar kiranya para ASN tidak gagap teknologi dan bisa manfaatkan kecanggihan teknologi agar kiranya tidak ketinggalan jaman dan untuk meningkatkan kompetensi ASN itu sendiri terang Bupati OKU Timur.

Kepala BKD Provinsi Sumatera selatan Nora Elisya SH. MM membacakan sambutan Gubernur bahwa salah satu poin penting dalam manejemen ASN/ PNS adalah mutasi pegawai.
Mutasi pegawai ini terkait erat dengan penempatan ASN dalam jabatan, mutasi dilakukan atas dasar kesesuaian antara kompetensi PNS dengan jabatan, klarifikasi jabatan dan pola karir dengan memperhatikan kebutuhan organisasi.

Untuk mengatur tata cara pelaksanaan mutasi tersebut telah terbit peraturan BKN/Badan Kepegawaian Negara nomor 5 tahun 2019 pada tanggal 4 April 2019 masih sangat baru yang sedikit merubah tata cara pelaksanaan mutasi antara provinsi, antara kabupaten/kota antar provinsi, antar kabupaten/kota dalam provinsi yang selama ini dilakukan pada rapat koordinasi kepegawaian.



Tata cara mutasi pelaksanaan mutasi juga harus melibatkan pihak BKN sebagai Nara sumber yang merupakan institusi yang menerbitkan produk hukum sehingga terjadi persamaan antara BKD Provinsi dengan BKD kabupaten/kota se Sumatera selatan.

Di akhir acara rakor juga diadakan penyampaian rapat koordinasi dan tanya jawab oleh Nara sumber Badan Kepegawaian Negara(BKN) kantor Regional Vll, Walter Marianus Simamarta SIP. MM. (Iwn)