Bupati Ajak Semua Elemen Bersatu Hadapi Covid-19

Muba, jurnalsumatra.com – Meminimalisir penularan wabah Covid-19 serta penanganan menjadi fokus Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex. 

Bahkan Ketua DPD I Partai Golkar Sumsel ini rela menanggalkan target pembangunan dan mengalihkan dana untuk wabah Covid19. Tujuannya masih sama: demi kenyamanan dan keselamatan rakyat Muba. 


Namun untuk tujuan mulia bersama ini, Dodi tidak bergerak sendiri. Ia juga melibatkan semua unsur untuk all out melawan Covid-19.

Saat menggelar audensi dengan Pengurus Pusat Persatuan Ormas Muba (POM) Covid-19 Kabupaten Muba, Kamis (28/5/2020) Dodi mengajak semua elemen  terlibat dalam melawan Covid-19. “Dalam hal memerangi Covid-19 ini bukan hanya tugas Pemerintah dan Gugus Tugas saja.  Semua elemen punya tanggungjawab sama. Kita terlibat bersama,” tegasnya.

Menurutnya, sudah menjadi peran bersama untuk mengedukasi masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan mentaati protokol kesehatan agar wabah Covid-19 tidak terus meluas. “Termasuk peran ormas, ayo edukasi terus masyarakat. Dorong  selalu menerapkan pola hidup bersih demi memutus mata rantai penularan,”Harap dia.

Ketua Dewan Pengurus Pusat Persatuan Ormas Muba (POM) Covid-19 Kabupaten Muba Kurnaidi ST mengapresiasi Pemkab Muba dibawah komando Bupati Dodi Reza Alex dalam upaya selama ini menangani Covid-19.

“Kami akan terus bersinergi dengan Pemkab Muba dalam penanganan dan edukasi wabah Covid-19 ini, sehingga warga Muba terhindar dari penularan wabah Covid ini,” ujarnya.

Kurnaidi menambahkan, pihaknya akan terus mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 serta mengajak masyarakat di Muba patuh terhadap upaya pencegahan Covid-19. “Semoga wabah ini segera berlalu, dan masyarakat dapat beraktifitas kembali normal,” tukasnya.

Sementara Fatoni, selaku juru bicara POM Covid- 19 menyampaikan, bahwa Persatuan Ormas Muba POM ini sudah mendeklarasikan sebanyak 20 lembaga yang tergabung dalam barisan POM sejak satu bulan belakangan ini

“Kami sudah banyak melakukan berbagai kegiatan mulai dari mendirikan Posko secara sederhana, melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik melalui selebaran, himbauan, pemasangan baleho, pendataan 15 pintu masuk Muba dari Kabupaten Kota lain dan membuka Posko pengaduan guna menyerap asfirasi masyarakat namun apa yang kami lakukan itu sangatlah terbatas mengingat gerakan kami merupakan gerakan relawan kemanusiaan”, Kata Fatoni.


Audiensi turut didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Muba, H Soleh Naim MSi, Kepala BPBD Indita Purnama SSos MSi, Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP dan Camat Sekayu Marko Susanto SSTP MSi serta dihadiri Pengurus Pusat POM Covid-19 Kabupaten Muba antara lain Penasehat DPP POM Covid-19 Alamsyah, Wakil Ketua DPP POM Covid-19 M Ruswan, Sekretaris DPP POM Covid-19 Suharto, Bendahara DPP POM Covid-19 Andip Apriansyah dan Juru Bicara DPP POM Covid-19 Fatoni. (Rafik elyas)