Bupati Gelar Dialog Bersama Tokoh Manyarakat

TanahDatar, Sumbar, Jurnalsumatra.com – Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menggelar dialog dan silaturahmi bersama tokoh masyarakat di Kecamatan Pariangan, Rambatan dan Lima Kaum, di gedung serba guna kantor Camat Lima Kaum, Jum’at (13/12/2019).

Di kesempatan itu Bupati Tanah Datar menyampaikan berbagai prestasi dan hasil pembangunan serta rencana pembangunan ke depan kepada tokoh masyarakat yang hadir. “Dalam kepemimpinan kami bersama pak Zuldafri Darma, kita sepakat bahwa pembangunan tidak hanya pembangunan fisik saja, namun juga peningkatan pembangunan mental dan spiritual keagamaan di Tanah Datar,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Irdinansyah menyampaikan informasi berbagai capaian pembangunan selama 4 tahun kepemimpinannya. “Program Gerbang Cerdas bantuan untuk anak-anak Tanah Datar bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri, program Gapura Mantap untuk rehab rumah tidak layak huni serta perbaikan indikator-indikator pembangunan lainnya mengantarkan Tanah Datar mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah dari Presiden RI beberapa waktu lalu, sampai prestasi sebagai juara umum MTQ N Ke 38 Tingkat Provinsi Sumbar patut disyukuri dan dipertahankan,” ungkapnya.

Namun, ujar Irdinansyah, semua hasil pencapaian itu bukanlah hasil sekelompok orang saja, namun hasil dari kerja keras kita semua, baik pemerintah, masyarakat ataupun perantau asal Tanah Datar Luhak Nan Tuo. “Tentu apa hasil yang telah kita raih tidak membuat kita jumawa atau lupa diri, namun tentu hendaknya bisa dipertahankan atau ditingkatkan lagi di tahun-tahun mendatang dimana tujuan akhirnya adalah masyarakat yang semakin sejahtera,” sampainya.

Di kesempatan itu Bupati Irdinansyah Tarmizi juga menyampaikan tentang program revitalisasi lapangan Cindua Mato Batusangkar. “Beberapa waktu ini hangat dibicarakan tentang pembangunan yang ada lapangan cindua mato, dapat Saya sampaikan bahwa pembangunan itu adalah revitalisasi agar lapangan semakin bermanfaat bagi masyarakat kita, di sana akan dibangun sarana bermain untuk anak dan keluarga, sarana olahraga, medan nan bapaneh yang nantinya diharapkan mampu menjadi wadah bagi berbagai potensi budaya tanah datar untuk tampil disana, seperti randai dan salawaik dulang, disamping lapangan upacara tetap ada, ini akan menghidupkan sanggar seni di Tanah Datar dan diharapkan dapat menggerakan ekonomi masyarakat” terangnya.

Dan, tambah Irdinansyah lagi, pelaksanaan pembangunan revitalisasi sudah melewati proses sesuai aturan dan peraturan yang berlaku. “Tidak benar kegiatan ini naik di jalan, namun sudah dibawa, dan dibahas di DPRD Tanah Datar. Dan bahkan ketika kita presentasikan ke pemerintah pusat, mereka sangat mendukung dan menggelontorkan dana Rp.16 Milyar sedangkan Pemda Tanah Datar menganggarkan Rp.5,4 Milyar. Tentunya dari informasi ini diharapkan masyarakat semakin paham dan mengerti serta mendukung pelaksanaan pembangunan ini untuk kita semua,” tukasnya.

Selanjutnya kegiatan yang dihadiri Kepala OPD, Camat Lima Kaum, Rambatan dan Pariangan, Forkopimca dan berbagai unsur pemerintahan nagari dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara Bupati dan hadirin yang hadir yang dimoderatori Asisten Ekobang Edi Susanto. 

Dalam sesi tanya jawab beberapa terungkap harapan tokoh masyarakat untuk bersama-sama melindungi generasi muda dan antisipasi dari pengaruh narkoba dan smartphone, perbaikan jalan nagari, dukungan regulasi untuk Bumnag, pengembangan objek wisata di beberapa nagari. (Myt)