Bupati: Inokulan Gaharu Bangka Tengah Kualitas Bagus

Koba, Babel, jurnalsumatra.com – Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengatakan, inokulan gaharu dari Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memiliki kualitas lebih bagus jika dibandingkan dengan daerah lain.

  “Inokulan kita stabil dan yang terbaik, itu berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium,” kata Bupati Ibnu Saleh di Koba, Senin.

  Ia menjelaskan, inokulan atau inokulasi buatan sangat diperlukan untuk merangsang agar dalam batang pohon gaharu terbentuk gubal.

  “Tanpa proses inokulasi gubal bisa terbentuk tetapi ukurannya kemungkinan kecil, maka proses inokulasi sangat menentukan hasil,” ujarnya.

  Ia mengatakan, Bangka Tengah sudah membuktikan bahwa proses inokulasi yang bahan bakunya dari daerah memiliki kualitas tinggi.

  “Makanya saya sejak beberapa tahun lalu selalu menekankan kepada petani untuk menggunakan inokulan dari daerah sendiri karena kualitasnya bagus,” ujarnya.

  Ibnu mengatakan sudah sering mendatangkan para pakar untuk melakukan proses inokulasi di daerah itu tetapi hasilnya belum memuaskan.

  “Setelah dicermati maka kami mengambil kesimpulan, inokulasi gaharu bisa berhasil di daerah ini jika bahan baku inokulannya dari daerah sendiri,” ujarnya.

  Pihaknya sudah mencoba menggunakan inokulan dari luar dan ternyata belum berhasil, justeru yang berhasil inokulan dari daerah ini.

  “Demikian juga inokulan kita belum tentu bisa diterapkan kepada petani gaharu di daerah lain dan itu artinya inokulan yang bahan baku dari daerah ini hanya cocok diterapkan untuk petani gaharu di daerah ini pula,” ujarnya.(anjas)