Bupati Kepulauan Minta Disperindag Pantau Harga Pangan

     Sangihe,jurnalsumatra.com – Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana meminta dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) setempat  terus memantau perkembangan harga bahan kebutuhan masyarakat.
“Kami minta dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk terus melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan masyarakat secara rutin dan kontinu,” kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Kamis.
Bupati mengatakan pemantauan harga pangan  penting dilakukan agar pemerintah daerah dapat  cepat mengambil langkah bila terjadi tren harga naik tak terkendali.
“Pemerintah kabupaten akan mengambil langkah ketika terjadi gejolak harga pangan,” kata Bupati.
Memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri, kata Bupati, pemerintah daerah akan tetap melakukan intervensi pasar guna menekan harga sehingga  tidak memberatkan masyarakat.

“Salah satu bentuk intervensi pemerintah yakni menggelar operasi pasar guna menstabilkan harga pangan, terutama ketika terjadi ketidakwajaran,” kata Bupati.
Pelaksanaan operasi pasar, kata Bupati, saat ini belum dilakukan karena harga pangan masih dalam kondisi stabil.
Dia mengatakan, operasi pasar akan dilakukan ketika harga pangan mulai naik, terutama di saat mendekati hari besar keagamaan  Idul Fitri.
“Pemerintah daerah akan bekerja sama dengan pihak terkait  untuk menggelar operasi pasar kalau harga pangan naik ,” kata dia.
Bupati berharap masyarakat tetap tenang, dan pemerintah  memberikan jaminan bahwa harga pangan di kabupaten Sangihe tetap stabil dan terjangkau oleh masyarakat.
“Pemerintah menjamin bahwa harga pangan di semua wilayah Kepulauan Sangihe tetap stabil dan terjangkau,” tegas Bupati.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =