Bupati Kepulauan Sangihe Imbau Masyarakat Gemar Menanam

     Sangihe, jurnalsumatra.com – Bupati Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengimbau semua masyarakat di daerah ini untuk kembali menggiatkan kebiasaan menanam di pekarangan rumah.
“Kami mengimbau kepada semua masyarakat untuk gemar menanam di pekarangan rumah,” kata Bupati Jabes Gaghana, di Tahuna, Senin.
Menurut Bupati, pekarangan rumah jangan dibiarkan menjadi lahan kosong, tapi harus digunakan untuk tanaman yang memberi manfaat bagi keluarga.
“Gemar menanam di pekarangan dengan tanaman cabai dan sejenisnya dapat mengurangi pengeluaran keluarga,” kata Bupati.
Dia menegaskan, sekecil apa pun pekarangan rumah bisa dimanfaatkan untuk rempah-rempah, sehingga tidak lagi harus dibeli di pasar.

“Selain untuk keindahan lingkungan, menanam rempah-rempah seperti cabai dan tomat juga mengurangi pengeluaran keluarga,” kata dia lagi.
Bupati juga meminta instansi teknis khususnya Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk memberikan pendampingan bagi setiap keluarga agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan sebagai dapur hidup.
“Kami minta instansi teknis agar memberikan penyuluhan serta pendampingan kepada masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan,” kata dia pula.
Menurutnya, kalau semua masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan sebagai dapur hidup, maka pengeluaran untuk rempah-rempah bisa dikurangi.
“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan sebagai dapur hidup untuk mengurangi pengeluaran keluarga,” kata Bupati Jabes.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =