Bupati: Kerukunan Umat Beragama Helumo Patut Dicontoh

     Gorontalo, jurnalsumatra.com – Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mengatakan kerukunan umat beragama di Desa Helumo, Kecamatan Suwawa, patut dicontoh.
“Kerukunan umat beragama di desa ini menjadi contoh, bagaimana budaya toleransi itu berjalan dengan baik,” ujar Hamim di hadapan masyarakat saat melantik Kepala Desa Beyca Kude, Jumat.
Ia mengungkapkan, di Desa Helumo terdapat dua bangunan gereja, dan hubungan masyarakat sekitar dengan tetangga sangat harmonis. Tidak ada gesekan apapun. Semua terlindungi dan terayomi.
“Warga disini baik muslim maupun non muslim sudah menyatu, bahkan kalau Natal, orang-orang di sini yang jaga supaya gereja-gereja tidak ada yang memprovokasi yang mengganggu, demikian juga sebaliknya,” kata dia.

Hamim Pou menegaskan, hal-hal seperti itu yang harus selalu pertahankan oleh seluruh masyarakat.
“Saya juga mengucapkan selamat  kepada Kepala Desa Helumo yang baru,  dan  terima kasih kepada kepala desa lama Ibrahim Yunus yang sudah luar biasa memimpin desa tersebut menjadi desa yang maju dan berkembang dengan baik,” ucap dia.
Ia mengatakan, saat ini Desa helumo telah sejajar dengan desa lainnya di Kabupaten Bone Bolango.
“Saya senang dengan kebersihan yang ada di desa ini, pohon-pohonya juga terpelihara dengan baik,” kata Hamim, lagi.
Desa Helumo merupakan bagian dari pusat dan kawasan pemerintahan Kabupaten Bonebol, termasuk Desa Butu, Desa Iloheluma, Desa Moutong, Desa Ulantha, Desa Huluduotamo, dan Desa Boludawa.
“Saya meminta dukungan dari masyarakat setempat untuk bagaimana bisa menyiapkan diri sebagai masyarakat yang menjadi pusat pemerintahannya Kabupaten Bone Bolango, dan selalu menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan,” pungkasnya.(anjas)

Leave a Reply