Bupati Kirim Ustadz dan Ustadzah ke Evan Institute Yordania

Banyuasin, jurnalsumatra.com – Bupati Banyuasin H Askolani, SH, MH membuka secara langsung seleksi Pendidikan dan Pelatihan Program Tahfidzul Quran bagi Ustadz dan Ustadzah untuk dikirim ke Ewan Intitute Yordania.

Seleksi yang digelar  1 hari, ujarnya diadakan di Auditorium Pemkab Banyuasin, Sabtu (19/10/ 2019) dengan ujian tertulis dan wawancara oleh tim seleksi yang dibentuk oleh Bupati Banyuasin.

“Tim seleksi terdiri dari unsur akademik, organisasi dan keagamaan. Nantinya dari 21 peserta yang mendaftar dan ikut seleksi akan dipilih 10 orang untuk dikirim ke Ewan Institute yang ada di Negara Yordania,”kata Bupati.

Pemerintah Kabupaten Banyuasin,  berharap para ustadz dan ustadzah yang lolos seleksi  akan dikirim dan kembali ke Kabupaten Banyuasin dengan membawa ilmu yang dapat digunakan dan diterapkan bagi pendidikan keagamaan di Kabupaten Banyuasin, khususnya dalam hal mengahafal Al-Quran.

Bupati meminta, kepada Ustadz dan
Ustadzah yang akan dikirim belajar dengan sungguh-sungguh untuk dapat mengembangkan ilmu yang dimilikinya.

“Saya punya target setiap Desa/Kelurahan wajib memiliki Rumah  Tahfidz  dan kedepan, setiap Kecamatan wajib memiliki minimal satu Kampung Religi,” kata Askolani.

Program ini, harapnya dapat terus dijalankan pada tahun-tahun berikutnya, tidak hanya dilaksanakan ditahun ini saja, agar metode menghafal AL-Quran yang diterapkan di Kabupaten Banyuasin dapat lebih baik dan menarik minat semua muslim untuk ikut menghafal Quran.

“Sehingga Kabupaten Banyuasin dapat menjadi salah satu kabupaten pencetak para Hafidz dan Hafidzah,”katanya.

Pada kesempatan ini,  Bupati Banyuasin menyerahkan bantuan operasional kepada 38 Rumah Tahfidz dan Pondok Pesantren dalam wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Bantuan ini merupakan salah satu wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Banyuasin terhadap pengembangan kegiatan keagamaan sebagai salah satu langkah mewujudkan Banyuasin bangkit, Adil dan Sejahtera,”terangnya.

Hadir dalam kegiatan ini,  PJ Sekda Banyuasin  DR. H. Senen Har, S.Ip., M.Si, Kepala Kementrian Agama Banyuasin, Drs. H. M. Arkhan Nurwahidin, M.Pdi, perwakilan Ewan Institute Yordania, H.M Isro Nasrullah, Lc, para Kepala OPD, para Tim seleksi Pendidikan dan Pelatihan, dan para Pimpinan Pondok Pesantren di Wilayah Kabupaten Banyuasin. (BIO/BIS)