Bupati Kunjungi UIN- IB

Padang, Juralsumatra.com – Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) Padang Wisuda sebanyak 1.204 orang sarjana dari berbagai fakultas program Strata Satu (S-1) dan program Pascasarjana (S-2 dan S-3).

Wisuda yang dilaksanakan, Sabtu (19/10/2019) di Aula Gedung Serba Guna UIN IB tersebut merupakan yang ke-82. Sesuatu yang istimewa pada saat wisuda kali ini, karena diisi dengan penyampaian orasi ilmiah oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi. Irdinansyah Tarmizi yang juga merupakan alumni UIN IB ini membawakan orasi ilmiah yang berjudul, “Dakwah dan Kekuasaan”.

Dalam orasi ilmiahnya Irdinansyah mengatakan jika dakwah yang berasal dari bahasa Arab itu merupakan ajakan (etimologi) dan merupakan mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan aqidah dan syariat Islamiyah yang telah terlebih dahulu diyakini si pendakwah (terminologi). Sementara kekuasaan dikatakannya sebagai kewenangan yang mana kewenangan ini yang didapatkan seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan itu sendiri.

” Jadi dakwah dan kekuasaan adalah upaya menjalankan dakwah sesuai kewenangan yang dimiliki,” ucapnya. “Sebagai bupati, dakwah yang bisa kita lakukan, seperti menjalankan tugas dan amanah dengan baik dan sesuai ketentuan, tidak memanfaatkan kewenangan demi kepentingan pribadi atau golongan, membuat kebijakan dan rencanakan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, menjamin dan memelihara keamanan dan ketertiban, memudahkan urusan rakyat (pelayanan publik), mencerdaskan dan menjamin keberlanjutan pendidikan dan menjamin pelaksanaan kehidupan beragama serta peningkatan keimanan dan taqwa,” ucap Irdinansyah.

Bupati mengakui masih rendahnya anggaran untuk kegiatan yang berlabel agama, namun dirinya yakin peluang selalu ada walau tantangan juga banyak seperti tidak semuanya aparat yang memiliki komitmen yang sama. Bupati sampaikan selaku kepala daerah terus berupaya membuat terobosan dengan menyusun dan menyepakati RPJMD bersama DPRD, turun kelapangan dan bekerja (berkantor) di nagari untuk mengetahui langsung kondisi masyarakat secara objektif, menyusun perencanaan berdasarkan data faktual di lapangan dan melakukan inovasi-inovasi untuk memudahkan pelaksanaan program daerah.

Di hadapan ketua senat, para guru besar dan anggota senat, rektor, wakil rektor, dekan fakultas, tamu undangan dan ribuan para sarjana itu bupati sebut, bahwa hingga tahun 2019 sudah 111 inovasi yang dilahirkan, di antaranya Jaring Asmara, Gerbang Cerdas, Gapura Mantap, Oase Sahabat Hati, Kabupaten Tahfizh, Sipintar, Subuh Berjamaah, Magrib Mengaji dan sebagainya. “Dari inovasi-inovasi ini berbagai hasil telah dirasakan masyarakat dan capaian yang diraih pemerintah daerah seperti predikat kabupaten terbaik pertama di seluruh Indonesia dan mendapat Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2019 dari Pemerintah Pusat yang diserahkan langsung Presiden RI Joko Widodo,”ucapnya.

Adapun capaian indikator ekonomi dan sosial yang dicapai Tanah Datar rata-rata di atas capaian provinsi bahkan ada yang di atas nasional. Pertumbuhan ekonomi Tanah Datar lebih baik dibanding tahun sebelumnya sebesar 5.01% dan tahun 2017 meningkat menjadi 5,12%, lebih tinggi dari angka nasional sebesar 5,07%, PDRB per kapita juga meningkat dan diikuti dengan penurunan angka kemiskinan, angka pengangguran dan indeks gini ratio, serta adanya kenaikan pada Indeks Pembangunan Manusia, Angka Harapan Hidup serta Angka Lama Sekolah.

“Selain itu capaian yang membanggakan juga dari program rumah tahfizh, peningkatan insentif guru Lembaga Pendidikan Alquran (LPA), ulama nagari, petugas masjid, dan guru-guru tahfizh, magrib mengaji, subuh berjamaah dan lainnya, Kabupaten Tanah Datar tampil sebagai Juara Umum MTQ ke-38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, di mana juara umum selalu di dominasi Kota Padang,” tambah Irdinansyah.

Sementara itu Rektor UIN IB Dr. Eka Putra Wirman, MA dalam sambutannya berikan apresiasi kepada pemkab. Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma yang telah banyak melahirkan inovasi dan mendapatkan capaian terbaik bagi pembangunan daerah di berbagai sektor. Dan Rektor berharap kepada lulusan yang diwisuda agar dapat berkontribusi bagi daerah di mana saja berada,” Sebagai pimpinan universitas dan juga mewakili segenap Civitas Akademika UIN IB Padang, saya berharap seluruh lulusan yang baru saja diwisuda hari ini memiliki daya kompetitif, sehingga bisa beraktivitas pada berbagai provesi yang relevan dengan background pendidikannya dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat banyak, kami menyadari sepenuhnya bahwa kesuksesan alumni sebuah perguruan tinggi menjadi publikasi yang ampuh untuk almamaternya, ” ucap Eka.

Rektor juga sebutkan pada wisudah yang ke-82 itu, yang terbanyak adalah lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yaitu sebanyak 317 orang, berikutnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 234 orang, Fakultas Adab dan Humaniora 181 orang, Fakultas Syariah 152 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi 148 orang dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama 92 orang.Sementara untuk program Pascasarjana (S-2) sebanyak 67 orang dan Pascasarjana (S-3) sebanyak 13 orang. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan buku Alumni kepada Ketua DPP Iluni UIN IB Drs. H. Irdinansyah Tarmizi oleh Rektor Dr. Eka Putra Wirman, MA (Myt/h)