Bupati Kutai Timur Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan

Samarinda, jurnalsumatra.com – Bupati Kutai Timur Ismunandar mengajak masyarakat ikut serta dalam upaya-upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan gerakan menanam pohon di sekitar tempat tinggalnya.

“Mari kita bersama terus galakkan penanaman pohon, agar kelak manfaat bisa dirasakan generasi kita. Kalau pohon lebih banyak, itu lebih baik. Kalau anak lebih sedikit lebih baik,” kata dia dihubungi dari Samarinda, Jumat.

Pada saat yang sama, Ismu tengah melakukan penanaman pohon di Balai Taman Nasional Kutai (TNK) dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon di Indonesia yang jatuh pada 28 November dan Bulan Tanam pada Desember.

Ia didampingi Kepala Balai TNK Nur Patria Kurniawan dan Field Manager PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta Hanif Setiawan melakukan penanaman pohon di area operasi Migas sumur pengeboran STW-05/STW-06 PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta Field.

Usai penanaman Ismu, mengapresiasi PT Pertamina yang juga turut melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman pohon di area operasi migasnya.
  Kepala Balai TNK, Nur Patria Kurniawan mengatakan lebih baik menanam dari pada menebang, lebih baik berjaga ketimbang mengobati.   
“Mudah-mudahan penanaman hari ini, memberikan harapan dan memberikan kontribusi sebagai ‘green jihat’. Karena dengan menanam pohon, satu ekologi akan kembali baik. Kemudian, nilai kedua akan dipakai oleh manusia untuk keberlangsungan hidup,” ujarnya.

Penanam kali ini berjumlah 320 bibit pohon yang terdiri atas trembesi, jabon dan mahoni, sedangkan luas area yang ditanami oleh PT Pertamina secara keseluruhan dua hektare dengan total bibit pohon 1.000 bibit.

Turut hadir pada kesempatan itu, antara lain para pejabat di daerah setempat, termasuk camat dan kepala desa.(anjas)