Bupati Lantik dan Ambil Sumpah Jabatan Sekda


Lahat, jurnalsumatra.com – Bertempat dipendopoan rumah dinas Bupati Lahat, Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 09.00 WIB, melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lahat.

Diketahui awalnya pelaksana tugas sementara Plt dipegang oleh mantan Kepala Bappeda Lahat Drs.H.Masroni, kini jabatan tersebut, dipercayakan dan didepenitifkan Bupati Lahat Cik Ujang SH, kepada Drs.H.Januarsyah.SH.MM selaku menjabat Sekda Kabupaten Lahat.

Dalam kegiatan itu, langsung dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang SH, bersama Wakil H. Haryanto SE MM MBA, Sekda Lahat Drs. H. Masroni, Asissten, Kepala Dinas, Kakamenag, Staf Ahli, Forkompinda Lahat, Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Lidya Wati S. Hut, bersama Wakil Hj. Sumiati Spd, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Lahat Cik Ujang SH menyampaikan, jabatan Sekretaris Daerah sesungguhnya mempunyai peran yang sangat penting, karena Sekretaris Daerah berkewajiban membantu Kepala Daerah dalam menyusun kebijakan serta membina hubungan kerja dengan dinas lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

Maka dari diharapkan Cik Ujang, dengan telah dilantiknya Sekda yang baru ini dapat berfungsi sesuai dengan tugasnya. Sekretaris Daerah sungguhnya merupakan penggerak organisasi pemerintah daerah. Citra Pemerintah Kabupaten Lahat akan sangat banyak ditentukan oleh Sekretaris Daerah dalam melaksanakan tugasnya.

“Untuk itu saya meminta agar Saudara Januarsah SH MM, selaku Sekretaris Daerah dapat menghayati peran dan fungsinya tersebut sehingga dalam melaksanakan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar, untuk lebih baik untuk lebih mendinamiskan organisasi pemerintahan Kabupaten Lahat dan harus mampu mengemban Seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif salah harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan Otonomi Daerah serta mampu berkoordinasi, dan berkomunikasi secara produktif kepada seluruh institusi baik internal maupun eksternal,” pesan Bupati Lahat dalam pidatonya.

Bukan itu saja, Cik Ujang berpesan kepada Januarsah, selaku Sekretaris Daerah yang baru, bahwa tari saudara sebagai pegawai negeri sipil dari mulai pangkat dan Eselon terendah sampai ke posisi sekarang merupakan buah kerja keras saudara dan tidak semua aparatur mampu dan diberi kesempatan meraihnya.

Untuk itu sambung Bupati, agar kepercayaan yang diberikan ini dapat dijaga dan pelihara kehormatan yang telah saudara peroleh. Agar kelak dapat menjadi contoh dan tauladan bagi Pegawai Negeri Sipil lainnya. Pelantikan saat ini menjadi langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas dan memberikan segala yang terbaik kepada pemerintah daerah guna mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya baik yang bersifat pelayanan peraturan maupun memperdayakan dan pembaharuan.

“Sekali lagi atas nama Pemkab Lahat mengucapkan selamat atas dilantiknya Sekda yang baru. Sedangkan kepada Plt Sekda yang lama, kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya yang mana selama kurang lebih 6 bulan Pak Bupati dengan Pak Wabup telah dibantu untuk menjalankan organisasi pemerintahan ini. Sekali lagi kami atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Lahat mengucapkan kepada Drs.H. Masroni dan Ibu terima kasih banyak atas kerjasamanya selama dan menjaga nama Pemda Lahat,” tukas Bupati Lahat Cik Ujang SH mengakhiri pidatonya. (Din)