Bupati Lebak apresiasi Ambulance Feeder untuk tekan kematian ibu

Lebak, jurnalsumatra.com – Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya mengapresiasi penggunaan ambulance feeder atau kendaraan alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) untuk menekan kematian ibu dan bayi.

  “Kami sangat terbantu adanya ambulance feeder yang diluncurkan Kementerian Perindustrian tahun 2019 itu,” kata Iti Octavia di Lebak, Jumat.

  Penggunaan kendaraan ambulance feeder itu dapat digunakan untuk jemput antar ibu hamil atau Jamilah ke pelosok-pelosok desa di Kecamatan Bojongmanik.

  Pengoperasian kendaraan AMMDes itu terbukti kasus kematian ibu dan bayi hingga Agustus 2020 tidak ditemukan.

  Padahal, pada 2017 sampai 2018 di Kecamatan Bojongmanik terdapat dua kasus kematian ibu dan bayi.

  “Kami berharap ke depan kasus kematian ibu dan bayi tidak ditemukan lagi,” katanya menjelaskan.

  Bupati juga mengatakan, kendaraan ambulance feeder juga bukan hanya menangani bidang kesehatan saja, namun multiguna dan bisa dimanfaatkan untuk penanganan pasca-panen dan penjernihan air.

  Pemerintah daerah mendorong aparatur desa dapat memiliki mobil desa AMMDes karena manfaatnya cukup banyak,terlebih Lebak daerah rawan bencana alam.

  “Kita berharap desa bisa membeli kendaraan ambulance feeder untuk sektor kesehatan, ekonomi, sanitasi air dan panen juga bisa dimanfaatkan untuk penanganan bencana alam,” katanya.(anjas)