Bupati OKUT Himbau Kades Tidak Salah Gunakan Dana Desa


OKUT, jurnal Sumatra com- Bupati OKU Timur KH Kholik Mawardi Ssos.Msi kamis(4/4/2019) beserta kepala dinas Pemkab OKU Timur, di dampingi Dandim Letkol Agung Nugroho,camat,kapoksek belitang 1, kejaksaan, ketua tim penggerak PKK,dan Seluruh kepala Desa Kabupaten OKU Timur menghadiri lounching Dana Desa tahun 2019.

 Acara yang dimulai sekira pukul 14.30 tersebut di mulai dengan kata sambutan Bupati OKU Timur KH kholik Mawardi Ssos. Msi dalam kata sambutannya Bupati menghimbau seluruh kepala Desa yang ada di OKU Timur untuk membangun infrastruktur Desa mengunakan dana desa dengan sebenarnya dan tidak menyalah gunakan dana desa dengan pembangunan fiktif, banyak sekarang para kepala Desa yang tertangkap oleh KPK dan polisi karena penyalah gunaan dana desa, apabila ada kades yang terbukti dan terkena kasus maka saya, kejaksaan dan kepolisian akan bertindak langsung terang Bupati. 

 Dana Desa yang di dapat dari pemerintah pusat sebesar Rp. 245.139.214 juga di tambah dana dari Bupati sebesar Rp 99.602.000 jadi dana keseluruhan Rp 344.201.214. Untuk 305 Desa yang ada di OKU Timur. Dan sistem pencairannya melalui tiga tahap, tahap pertama 20% tahap kedua 40% dan tahap ketiga 40%.

Dandim OKU Timur Letkol Agung Nugroho menambahkan dalam pidato nya untuk mengajak masyarakat bersama pendamping Desa dan Khantibnas untuk mengawasi anggaran yang turun dan di gunakan untuk pembangunan apa, apabila ada kejanggalan di dalam pembangunan Desa agar masyarakat segera melaporkan ke Kepolisian atau lembaga Swadaya masyarakat untuk di tindakan lanjuti. 

 Bupati OKU Timur juga menekankan ke seluruh kades yang hadir untuk memfokuskan ke pembangunan infrastruktur Desa yang mana jalan Desa- Desa sekarang banyak yang rusak dan hancur karena itulah dengan turunya dana Desa ini dapat di gunakan sebaiknya- baiknya dan tidak di salah gunakan, pungkas Bupati OKU Timur. (Iwan/adv)