Bupati OKUTimur Bagikan Paket Sembako Bagi Korban Banjir

OKUTimur, Jurnalsumatra.com – Setelah melakukan Rakor/Apel kesiap siagaan penanganan banjir Bupati bersama Sekda, Staff ahli, KA OPD, para Kabag dan para Kabag para Camat di kediaman Rumah Dinas, Ahad (10/05/2020) ,Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos MSi  langsung bergerak cepat dan mengajak seluruh Kepala Dinas dan OPD untuk membantu masyarakat yang menjadi korban banjir khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai Komering.

Bupati langsung mengumpulkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk secara urunan membantu seluruh warga yang terdampak banjir.
 Dengan tema melalui “Gerakan Sosial Kemanusian,”ribuan paket sembako yang terkumpul tanpa menggunakan APBD(Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) tersebut, langsung diserahkan kepada warga yang rumahnya terendam banjir. “Banjir ini belum bisa dikategorikan bencana karena merupakan kiriman dari Kabupaten OKU Selatan dan belum terjadi dalam tiga hari, maka kita belum bisa menggunakan anggaran daerah.

Tapi kita langsung gerak cepat untuk membantu warga yang terkena banjir dengan cara urunan. Dimana fokusnya bantuan diberikan dalam bentuk sembako, air bersih dan lainnya,” ujar Bupati. 

Dikatakan Bupati, kondisi air saat ini masih mengalami pasang surut. Dimana dampaknya masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas. Oleh karena itu, Bupati memimpin langsung memberikan bantuan secara simbolis baik kepada korban yang dirumah maupun yang berada di tempat pengungsian. ” Selain sembako akan kirim nasi juga karena masyarakat tidak bisa keluar. Bila perlu akan didirikan dapur umum,” ungkapnya.

 Sementara itu, Kepala BPBD OKU Timur Mgs Habibullah menambahkan, banjir di OKU Timur tersebar di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Martapura, Kecamatan BP Bangsa Raja, Kecamatan BP Peliung, Kecamatan Madang Suku ll, dan kecamatan Madang Suku lll, dengan total rumah yang terendam sebanyak 3.522 KK. “Bantuan paket sembako sudah disalurkan sejak Sabtu kemarin, dan hari ini sesuai arahan pak Bupati setelah dilakukan urunan akan disalurkan lagi sembako sebanyak 2.000 paket. Diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat,” Terang Bupati.

Bupati juga menambahkan ada 911 paket yang siap di bagikan yang sejati nya merupakan paket sembako untuk penanganan Covid-19 namun sementara di alihkan untuk penanganan korban banjir dan dari 911 paket sembako sebagian paket sebanyak 311 sudah di bagikan.

Walaupun hari ini hari minggu dan hari libur demi membantu meringankan beban korban banjir kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur tetap bekerja dan memberikan paket sembako memakai dana pribadi tampa menggunakan anggaran APBD serta tidak ada embel-embel unsur politik, tegas Bupati .(ADV/Iwn)