Bupati Pasaman Barat Salurkan Zakat Rp2,16 Miliar

     Simpang Empat, Sumbar, jurnalsumatra.com – Bupati Pasaman Barat Syahiran menyalurkan zakat Rp2,16 miliar untuk dibagikan kepada  4.320 mustahiq di 216 kejorongan (dusun) yang ada di daerah itu.
“Benar, sekitar Rp2 miliar 160 juta kita salurkan zakat dari Badan Amil Zakat Nasional Pasaman Barat,” katanya di Simpang Empat, Kamis.
Ia mengatakan penyerahan tahap awal dilakukan di Kecamatan Pasaman yang dipusatkan di Masjid Agung Pasaman Barat kepada 460 mustahiq dan akan dilanjutkan penyerahaannya di 10 kecamatan lainnya hingga Senin (11/6) mendatang secara maraton.
Ia meminta kepada penerima zakat agar bisa memanfaatkan zakat berupa uang konsumtif sebesar Rp500 ribu per orang tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat sekaligus dimanfaatkan untuk keperluan jelang Idul Fitri 1439 Hijriah nanti.
“Kita berterima kasih kepada seluruh ASN Pasaman Barat yang telah berbagi dengan masyarakat kurang mampu melalui zakat ASN yang diserahkan kepada Baznas Pasaman Barat setiap bulannya,” ujarnya.

Ia berharap kepada penerima zakat untuk menggunakan dana konsumtif yang diterima kepada hal-hal yang bermanfaat.
Menurut dia, Basnaz Pasaman Barat hingga saat ini telah menjalankan beberapa program dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada.
Diantara program yang dijalankan diantaranya program rehab rumah tidak layak huni, pemberian modal usaha kepada masyarakat kurang mampu dan pemberian uang insentif kepada mustahiq yang rutin dilakukan setiap tahunnya dan berbagai kebutuhan untuk beasiswa anak sekolah.
“Kita berharap kedepan ada peningkatan dari segi jumlah penerima, sehingga lebih banyak lagi masyarakat miskin yang akan terbantu,” harapnya.
Salah seorang penerima zakat, Legimin (40) warga jorong Bandarejo Kecamatan Pasaman mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat yang telah rutin memberikan santunan berupa zakat tersebut setiap tahunnya.
Ia berharap program tersebut akan terus berjalan secara terus menerus dan disalurkan memang kepada warga kurang mampu.
“Kita akan gunakan dana konsumtif ini untuk berbagai keperluan rumah tangga. Berharap kedepannya akam terus berjalan seperti ini dari tahun ke tahun,” harapnya. (anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + fifteen =