Bupati: Pramuka Membentuk Kader Pemimpin

     Koba, jurnalsumatra.com – Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan, kegiatan Pramuka dapat membentuk kader pemimpin bangsa masa depan.
“Melalui kegiatan pramuka ini diharapkan dapat menghasilkan kader pemimpin dan berperan aktif berdasarkan prinsip pembangunan berdasarkan pancasila,” katanya saat menghadiri kegiatan Pramuka pelajar se-Bangka Tengah di lapangan tembak Kodim 0413 Desa Terak, Senin.
Ia menjelaskan, pada prinsipnya Gerakan Pramuka adalah gerakan menyadarkan masyarakat dan wadah membentuk karakter serta watak kepemimpinan.
“Justru itu saya mengharapkan kegiatan kepramukaan dilaksanakan secara sistematis, terencana dan berkelanjutan untuk memperkuat eksistensi pramuka sebagai wadah kaderisasi calon pemimpin masa depan,” katanya.

     Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan pramuka itu adalah membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani.
“Kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat bela negara di kalangan pelajar, berjiwa pancasila dan dapat membangun diri sendiri secara mandiri dan memiliki kepedulian terhadap sesama serta lingkungan hidup,” katanya.
Ia mengatakan, para pelajar mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan mengembangkan bakat dan minat dalam upaya menjadi pribadi manusia yang seutuhnya.
“Banyak manfaat menjadi anggota pramuka, selain meningkatkan kedisiplinan dan ketaatan juga menghindari generasi muda dari perilaku yang menyimpang,” katanya.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 9 =