Bupati: Program TMMD Percepat Pembangunan Di Pedesaan

Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com – Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) merupakan program yang sangat bermanfaat guna mempercepat pembangunan di wilayah pedalaman.
“Karena, kegiatan tersebut dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat untuk kepentingan kemajuan desa-desa di sekitarnya,” katanya saat pembukaan TMMD Imbangan di Desa Patas I, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Senin.
Menurut dia, program TMMD Imbangan ini merupakan salah satu cara yang paling tepat dan strategis dalam dimensi pembangunan maupun pemerataan.
“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat pedesaan dapat menjalankan kehidupannya dengan sejahtera, aman, dan tenteram serta tercipta kondisi masyarakat yang mandiri dan berkualitas,” ujar Bupati.
Melalui kegiatan ini lanjut dia, dapat memberikan pelajaran untuk lebih meningkatkan budaya gotong royong yang sudah melekat pada kehidupan masyarakat Indonesia.

“Selain itu juga dapat lebih memantapkan wawasan kebangsaan dan kesemuanya itu menjadi perekat integrasi bangsa yang kokoh dalam menjaga kekuatan bangsa, serta mewujudkan ketahanan wilayah,” tambah Bupati.
Dengan kondisi masyarakat yang kuat kata dia, tentunya akan menjadi kekuatan yang ampuh bagi upaya pembinaan semangat persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan yang melandasi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sedangkan nilai positif dari pelaksanaan TMMD Imbangan ini tentunya akan semakin memantapkan ikatan Kemanunggalan TNI dengan rakyat.
“Hal ini berarti akan menjadi kekuatan yang handal dalam menangkal setiap kemungkinan ancaman, baik dari dalam negeri maupunĀ  luar negeri,” kata Eddy Raya Samsuri.
Acara pembukaan TMMD Imbangan tersebut dihadiri Danrem Pjg Kolonel Inf Harnoto, Dandim 1012/Btk Letkol Inf Tuwadi, Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoerdi, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) setempat.
Adapun pelaksanaan TMMD Kodim 1012/Btk di wilayah Kabupaten Barito Selatan ini berlangsung selama 30 hari dengan membangun 2.900 meter jalan yang ada di Desa Patas I, Kecamatan Gunung Bintang Awai.(anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − thirteen =