Bupati: Renstra Barut Harus Akomodir Semua Kebutuhan Pelayanan

Muara Teweh, jurnalsumatra.com – Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah meminta kepada kepala organisasi perangkat daerah untuk dapat memberikan saran masukan yang positif dan membangun untuk penyempurnaan substansi rancangan rencana strategis perangkat daerah  2018-2023.
“Renstra perangkat daerah Kabupaten Barito Utara 2018-2023 harus  mampu mengakomodir semua kebutuhan pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan,” ucapnya di Muara Teweh, Kamis.
Selanjutnya diharapkan menghasilkan dokumen yang tersusun layak dari aspek kualitas, aspek legalitas, aspek substansi dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
Bupati Nadalsyah  membuka forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah dalam rangka penyusunan rancangan renstra perangkat daerah  di Muara Teweh, Rabu(9/1).
Menurut Bupati Nadalsyah, dalam kerangka penyusunan Renstra PD 2018-2023, ada beberapa hal yang menjadi perhatian bersama yaitu seluruh PD agar dapat menjabarkan visi dan misi Kabupaten Barito Utara dengan sebaik-baiknya dengan cara menyusun sasaran perangkat daerah.
Program prioritas beserta indikator kinerjanya yang terukur dan tersedia datanya yang relevan dan terkait langsung dengan pencapaian visi misi serta dalam rangka penyelesaian permasalahan daerah.
Kemudian, adanya perubahan paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program prioritas benar-benar harus dilakukan.

“Jangan sampai program kegiatan yang direncanakan tidak berorientasi pada manfaat untuk masyarakat serta harus berorientasi pada prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan. Penyusunan program kegiatan harus sesuai dengan prioritas RPJMD serta memiliki daya ungkit yang tinggi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.
Saat ini, kata dia, dengan berbagai tantangan pembangunan sudah saatnya kita harus serius untuk menyusun Renstra PD, karena apa yang disusun dalam Renstra PD inilah yang akan mewarnai Kabupaten Barito Utara untuk lima tahun kedepan.
Hal itu guna mewujudkan Visi Kabupaten Barito Utara tahun 2018-2023 yaitu “Terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera, melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan”.
Dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Barito Utara harus menjabarkan lima misi pembangunan untuk masa kepemimpinan kami yang akan datang yaitu peningkatan infrastruktur dan ketersediaan energi.
Selain itu peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan pengelolaan sosial, budaya, pariwisata dan lingkungan hidup serta peningkatan pelayanan publik melalui tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance), kata Nadalsyah.(anjas)

Leave a Reply