Bupati Serah Terima Hasil Kemitraan Kebun Sawit

Samarinda, jurnalsumatra.com – Bupati Kutai Timur, Kalimantan Timur, Ismunandar melakukan serah terima hasil perdana kebun kemitraan kerja sama antara perusahaan kelapa sawit dengan masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Serba Usaha ( KSU) di wilayah Kecamatan, Karangan.

Serah terima tersebut dilakukan oleh Ismunandar kepada PT Bima Agri Sawit (BAS) atau DSN Group, dengan KSU Dharma Mulia Palma Desa Baay dan KSU Permata Jaya Desa Karangan Seberang Kecamatan Karangan, Sabtu (24/8) di Lapangan Karangan Hilir.

Manager CSR PT BAS Suryansah, secara simbolis melakukan serah terima hasil perdana kebun kemitraan kepada Bupati Kutim H Ismunandar. Kemudian diserahkan Bupati kepada KSU Permata Jaya Desa Karangan Seberang senilai Rp279,7 juta. Kemudian kepada KSU Dharma Mulia Palma Desa Baay senilai Rp436,67 juta.

Bupati Kutim Ismunandar mengapresiasi DSN Group yang telah mau menerima hasil plasma masyarakat. Hal ini, sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Karangan.

“Saya ucapkan selamat kepada DSN group, apa yang sudah dilaksanakan di Kecamatn Muara Wahau dan Kongbeng. Apa yang dulu saya minta lakukan juga di Kecamatan Karangan ini. Hari ini kita sudah saksikan berbagi dengan KSU. Saya apresiasi karena DSN sudah menerima kebun masyarakat,” ucap Ismunandar.

Sebelumnya, Manager CSR PT BAS Suryansah mengatakan PKS PT BAS menerima TBS (tandan buah segar) sawit petani-petani se-Kecamatan Karangan dari periode Januari – Juni 2019 senilai hampir Rp6 miliar dengan rata-rata per bulan membeli TBS petani sebasar Rp1 miliar.

Selain itu juga mewujud kemitraan terkait dengan truk angkutan CPO dengan Koperasi Dharma Mulia Palma dan Permata Jaya, dengan truk CPO yang ada di Kecamatan Karangan.

Selama 6 bulan mempunyai nilai kontrak kurang lebih Rp1 miliar. Kemudian terkait dengan pembangunan perumahan di PT BAS juga melibatkan kontraktor lokal koperasi yang ada di Kecamatan Karangan, dengan nilai kontrak Rp4 miliar.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Suwandi, Plt Kepala Dinas Pendidikan Roma Malau, Plt Kepala Disperindag Zaini, Direktur PDAM Kutim Suparjan, Plt Kasatpol PP Didi Herdiansyah, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kutim dr Yuwana Dri Kurniawati, Kepala Bagian Pembangunan Poniso Renggono, Kapolsek Sangkulirang Iptu Arif Ridho, anggota DPRD Kutim terpilih Muhammad Ali, Afansyah, DPRD Kaltim Siti Resky Amelia dan pajabat lainnya. (anjas)